Sukses

Lifestyle

4 Aneka Nasi Khas Timur Tengah yang Bisa Menggiurkan Lidah

Fimela.com, Jakarta Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia yang memiliki kandungan karbohidrat. Sering kali kita menemui olahan nasi ala Indonesia seperti nasi kuning, nasi uduk dan nasi goreng. Tapi ternyata di negara Timur Tengah, juga memiliki hidangan nasi yang bermacam-macam dan juga menggiurkan lidah.

Hampir sama dengan Indonesia, olahan nasi di negara Timur Tengah juga diolah menggunakan bahan dasar rempah-rempah, yang baik untuk kesehatan dan mengenyangkan perut.

Olahan nasi ala negara Timur Tengah juga disajikan menggunakan daging-dagingan, yang tentunya semakin menambah selera orang yang memakannya. Berikut aneka nasi khas Timur Tengah yang bisa menggiurkan lidah, dilansir dari Dream.co.id:

Nasi Kebuli

Aneka nasi khas Timur Tengah yang bisa menggiurkan lidah pertama adalah nasi kebuli. Nasi kebuli merupakan nasi yang diolah dengan bumbu rempah-rempah, menggunakan kaldu daging kambing, susu kambing dan minyak samin.

Nasi kebuli ini memiliki ciri khas yang dimasak dengan taburan kismis, kurma atau kacang mete. Biasanya nasi kebuli disajikan menggunakan daging kambing goreng atau bakar. Ciri yang paling khas dari nasi kebuli yang bisa menggiurkan lidah adalah nasi ini memiliki warna kuning dan beraroma kari.

Nasi Biryani

Aneka nasi khas Timur Tengah yang selanjutnya adalah nasi biryani. Nasi ini juga cukup terkenal di Indonesia, karena memiliki rasa rempah-rempah yang kuat. Nasi biryani juga sangat terkenal di negara India dan Pakistan.

Nasi biryani ini berbahan dasar beras basmati, yang diolah dengan rempah-rempah, sayuran dan daging. Daging yang biasa digunakan untuk memasak nasi biryani adalah daging ayam, kambing, sapi, ikan dan udang.

Nasi Mandhi

Olahan nasi dari negara Timur Tengah yang selanjutnya adalah nasi mandhi. Nasi terkenal di negara Yaman, Mesir, Marko, Oman, Syria, Turki dan Arab Saudi.

Nasi mandhi terbuat dari rempah-rempahan seperti kapulaga, jinten, ketumbar, serbuk kunyi, bunga lawang dan lain sebagainya. Rempah-rempah ini direbus bersama daging-dagingan dan dimasak menggunkan beras basmati.

Nasi Kapsah

Aneka nasi khas timur tengah yang bisa menggiurkan lidah yang terakhir adalah nasi kabsah. Sebenarnya nasi ini hampir sama dengan nasi mandhi, namun cara mengolahnya berbeda dengan nasi mandhi.

Nasi kabsah yang berada di Yordania, diolah menggunakan puree tomat sehingga warnanya lebih merah. Sedangkan nasi kabsah yang ada di Arab Saudi, Oman dan Yaman, memiliki warna yang kekuningan. Nasi ini sangat cocok di hidangkan dengan sup dan salad khas Timur Tengah.

;
Loading