Sukses

Lifestyle

Menu Wajib Wisma Atlet, Hantam Covid-19

Fimela.com, Jakarta Sampai hari ini upaya penanganan Covid-19 masih terus berjalan di berbagai negara, nggak terkecuali di Indonesia. Di tanah air sendiri, kasusnya mengalami peningkatan. Data terakhir yang dipantau pada 20 September 2020, jumlah penambahannya hampir mencapai 4.000 kasus.

Melonjaknya kasus Covid-19 membuat Tower 4 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta mulai membuka fasilitas untuk isolasi mandiri. Kehadiran fasilitas baru ini tentunya bertujuan untuk membuat pasien lebih nyaman sehingga bisa mempercepat penyembuhan.

"Sebenarnya flat di Tower 4 sama seperti Tower 5 Wisma Atlet, yang juga sebagai tempat isolasi mandiri. Kami siapkan pasien setiap harinya penanganan dari sisi kesehatan," terang Koordinator Rumah Sakit Darurat COVID-19 Tugas Ratmono saat dialog di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Senin (21/9/2020) seperti yang dilansir dari Liputan6.com.

 

Konsultasi dengan Psikolog

Pasien yang menjalani isolasi mandiri bisa mendapatkan layanan berkonsultasi dengan tim psikososial. Wisma Atlet menghadirkan program Weekend Psychology Consultant lewat layanan virtual, di mana pasien bisa berkonsultasi langsung dengan psikolog dan juga dokter. Akses layanan ini bisa dilakukan lewat ponsel dan perangkat elektronik lainnya.

 

Jogging Track untuk Olahraga

Olahraga penting dilakukan untuk para pasien yang menjalani isolasi mandiri. Oleh karena itu, pihak Wisma Atlet juga menyediakan jogging track yang bisa dimanfaatkan oleh pasien untuk lari, jalan kaki, dan lain sebagainya.

"Kalau pagi, kita sudah melihat mereka ada yang lari, jalan kaki, dan seterusnya. Ini suatu fasilitas yang tentunya diprogramkan tiap hari, sehingga mereka betul-betul bisa mempertahankan dan meningkatkan imunitas," lanjut Tugas.

Selain itu, ada juga panggung untuk tempat berkumpul yang bisa dimanfaatkan pasien saat bosan di kamar dan ingin bersosialisasi dengan pasien lainnya. Tapi, tentunya dengan tetap menggunakan masker dan jaga jarak.

Penanganan Gizi

Fasilitas yang nggak kalah penting adalah penanganan gizi. Pihak Wisma Atlet memastikan bahwa kebutuhan nutrisi dan gizi pasien yang menjalani isolasi mandiri terjaga dengan baik, bahkan sudah ada analisa gizi yang cukup.

Salah satu pasien yang menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet pun membagikan pengalamannya tentang makanan yang diterima selama dirawat di sana. Lewat Youtube Channel Doddy Himself, ia mengungkapkan jika makanan yang diterima selama masa isolasi mandiri sangat sehat untuk mendukung pemulihan.

"Ngomong-ngomong soal makanan, makanannya itu sangat sehat, layak, dan juga rasanya cukup enak. Tapi namanya juga manusia kadang bosen kan makannya itu lagi itu lagi. Tapi kita masih bisa pesan makanan online," ungkap Deddy dalam sebuah video di Youtube Channel-nya.

 

Menu Makanan Sehat Penting untuk Imunitas Tubuh

Asupan makanan bernutrisi seimbang sangat penting untuk pemulihan tubuh bagi kamu yang sedang menjalani isolasi mandiri. Menu makanan tinggi protein sering menjadi rekomendasi untuk para pasien, seperti telur yang menjadi salah satu menu di rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran.

Menariknya, pasien juga diperbolehkan memesan makanan secara online. Hanya saja, makanan tersebut bisa diterima di lobi oleh petugas, baru kemudian petugas yang mengantarkannya ke pasien. Di samping itu, demi menunjang sistem imun yang kuat, pasien juga tetap diberikan asupan Vitamin C yang tepat, seperti Joss C 1000.

Mulailah membiasakan diri mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang lewat asupan karbohidrat yang sesuai kebutuhan, daging yang mengandung protein, kacang-kacangan yang kaya akan antioksidan, serta sayur dan buah yang mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Selain itu, kamu juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin C.

"Vitamin C berperan sebagai antioksidan dan membantu fungsi berbagai enzim dalam tubuh. Beberapa penelitian membuktikan konsumsi Vitamin C secara rutin terbukti meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat pemulihan saat sakit," ujar dr Devia melalui Wawancara saat IG Live di Channel JOSS C1000 22 Juni 2020 lalu.

Adapun dosis konsumsi harian vitamin C berkisar antara 250mg – 1.000mg. Oleh karena itu, untuk mempercepat pemulihan, pasien Covid-19 bisa mengonsumsi vitamin C dosis tinggi 1.000mg.

Joss C1000 merupakan suplemen minuman dengan kandungan Vitamin C 1000mg yang juga direkomendasikan Klikdokter untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi Joss C1000, tubuh akan menjadi sehat dan kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

;
Loading