Sukses

Lifestyle

Invoice Rp32 Juta Tak Kunjung Cair, Aku Harus Segera Banting Setir

Fimela.com, Jakarta Ada yang bilang uang bukan segalanya. Hanya saja uang tetaplah kita butuhkan dalam kehidupan. Mengatur keuangan, membuat rencana keuangan untuk jangka waktu tertentu, mewujudkan impian melalui perencanaan finansial yang baik, rencana investasi dan membeli rumah, hingga pengalaman terkait memberi utang atau berutang pasti pernah kita alami. Banyak aspek dalam kehidupan kita yang sangat erat kaitannya dengan uang. Nah, dalam Lomba Share Your Stories September 2020: Aku dan Uang ini Sahabat Fimela semua bisa berbagi tulisan terkait pengalaman, cerita pribadi, kisah, atau sudut pandang terkait uang. Seperti tulisan berikut ini.

***

Oleh: Nanadimana

Jauh sebelum pandemi ini terjadi. Drama invoice untuk pekerja lepas atau kerjaan sampingan memang sebuah lingkaran setan yang nggak kelar-kelar. Sebelumnya lancar, tiba-tiba menghilang terus tiada berkabar. Hingga dompetku terkapar.

Ya, invoice Rp32 juta yang kugadang-gadang untuk menambah uang muka membeli gubuk kecil di perantauan. 

Hilang lepas. Tak ada bekas. Aku pun bagai segenggam kapas melayang di alam bebas.

Sebulan. Dua bulan aku masih berusaha. Menagih setiap waktu, tapi email tidak terjawab, chat pun hanya dibaca. Hingga kini setahun berlalu, sakitnya masih terasa. 

Melakukan Perubahan

Kemudi pekerjaan sampinganku pun berubah. Tidak lagi tanpa perjanjian apa-apa. Hanya mengerjakan yang sistemnya pre-order di muka. Aku merasa, bakat ini tidaklah pantas untuk disia-siakan. Harus terus diasah dan diasah agar bisa menjadi pencaharian untuk menghidupi keluarga.

Rp32 juta yang melayang. Dari hasil ketik-ketik yang kata orang menghasilkan. Berkacalah dari kisahku, wahai pejuang pencari kerjaan sampingan.

Miliki perjanjian hitam di atas putih bermaterai. Hanya lakukan pekerjaan yang didapat dari orang yang sudah dikenal. Jangan sungkan untuk menagih lagi dan lagi, muka badak saja karena hasil keringatmu ada di sana.

Oh tunggu. Aku lupa masih ada invoice Rp25 juta di klien yang berbeda dengan umur invoice yang lebih muda. Boleh aku meminjam pundakmu sebentar saja?

#ChangeMaker

;
Loading

Live Streaming

Powered by