Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kontrak Kerja

Fimela.com, Jakarta Mencari dan menerima pekerjaan untuk orang dewasa adalah hal yang amat penting, oleh karena itu kamu perlu mempertimbangkan banyak hal. Kerap kali banyak orang merasa menyesal atau terjebak dalam sebuah pekerjaan karena melalaikan faktor-faktor yang seharusnya dipertimbangkan sebelum menerima tawaran pekerjaan tersebut.

Mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan adalah sikap yang bijak. Hal ini perlu dilakukan agar kamu berada di tempat atau lingkungan kerja yang se-ideal mungkin dan juga dapat memenuhi kebutuhanmu sebagai seorang pekerja atau pegawai.

Kemudian, manfaat lainnya ketika kamu mempertimbangkan keputusanmu untuk menerima tawaran kontrak kerja ialah menentukan seberapa lama kamu bisa bertahan dalam lingkungan kerja tersebut. Jangan sampai kamu menjadi seseorang dengan sebutan ‘kutu loncat’ yang hobi berpindah-pindah tempat kerja karena sebelumnya tidak benar-benar memastikan bahwa kontra kerja yang sudah ditawarkan adalah yang paling ideal.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menerima tawaran kontra kerja. Tentunya ulasan ini akan sangat bermanfaat agar kamu semakin mawas diri dalam menerima tawaran pekerjaan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Tunjangan Diluar Gaji Pokok

Pertama, hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menerima tawaran kontrak kerja ialah tunjangan yang diberikan oleh perusahaan diluar gaji pokok. Hal ini penting supaya amu tahu hak-hak apa saja yang bisa kamu klaim selain adanya gaji pokok. Biasanya beberapa perusahaan akan menyediakan tunjangan-tunjangan lain seperti, tunjangan logistik dan transportasi.

Namun, kamu juga perlu menimbang apakah beban kerjamu sudah sesuai untuk mendapatkan tunjangan atau tidak. Jika tanggungjawab pekerjaan yang kamu emban mewajibkan kamu bepergian maka, kamu perlu tunjangan-tunjangan tersebut. Walaupun jumlahnya tidak begitu banyak, tunjangan diluar gaji pokok termasuk hak dari pegawai, apalagi jika kegiatan operasional yang dilakukan adalah kepentingan perusahaan.

Kebijakan Klaim Asuransi

Kedua, hal lain yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menerima tawaran kontrak kerja ialah kebijakan klaim asuransi yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang pekerja atau pegawai perusahaan. Walaupun terlihat sepele dan kurang penting, aspek kebijakan asuransi perusahaan tetap perlu kamu pertimbangkan.

Biasanya perusahaan-perusahaan akan mengikuti aturan kebijakan asuransi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah lewat produk hukum terkait. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang memiliki kebijakan asuransi sendiri dan hal inilah yang perlu kamu pertimbangkan. Pastikan kamu mendapatkan perlindungan kerja yang sesuai dan ideal.

Mekanisme Jam Kerja, Hari Libur, dan Cuti

Ketiga, hal lainnya yang juga perlu kamu pertimbangkan sebelum menerima tawaran kontrak kerja ialah mekanisme jam kerja, hari libur, dan juga hak cuti. Mekanisme jam kerja menjadi hal penting yang tidak boleh kamu abaikan. Bisa saja kamu merasa bahagia mendapatkan tawaran pekerjaan, tetapi jangan sampai lupa terhadap kewajiban yang diberikan oleh perusahaan terkait jam kerja.

Upayakan agar jam kerja yang dibebankan padamu tidak memakan habis seluruh waktumu dalam satu hari karena nantinya amu akan kerepotan dan justru merasa sangat terbebani. Begitu juga dengan hari libur dan hak cuti yang diberikan. Kelak kedepan kamu akan menemukan situasi tidak terduga yang membuatmu tidak bisa bekerja dan harus mengambil cuti. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu mendapatkan hak cuti sebagai pegawai.

Jenjang Karir yang Jelas

Keempat, hal yang tidak boleh luput untuk kamu pertimbangkan sebelum menerima tawaran kontrak kerja ialah kesempatan jenjang karir yang jelas. Jenjang karir adalah motivasi sekaligus tujuan karena efeknya juga akan berdampak terhadap posisi jabatan dan penghasilan.

Prinsip banyak pegawai saat ini ialah bagaimana caranya memastian bahwa karir akan terus meningkat seiring dengan pencapaian prestasi dalam pekerjaan dan lama waktu yang telah dihabiskan untuk bekerja. Maka dari itu, menjadi penting bagi kamu untuk memastikan bahwa perusahaan yang akan kamu terima tawarannya punya mekanisme jenjang atau promosi karir yang jelas.

Lingkungan Kerja

Terakhir, hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menerima tawaran kontrak kerja ialah lingkungan kerja itu sendiri. Jangan dianggap remeh daripada nanti kamu menyesal setelah bekerja. Lingkungan kerja maksudnya adalah budaya yang ada pada perusahaan tersebut serta bagaimana antara satu pegawai dengan pegawai lainnya berinterakasi.

Lupa atau abai terhadap aspek lingkungan kerja akan membuatmu kaget atau merasa tidak sesuai bahkan sampai tidak nyaman. Oleh karena itu, sebelum benar-benar menandatangani kontrak pekerjaan yang ditawarkan, nilai dan budaya perusahaan sudah cocok dan bisa kamu sanggupi agar produktivitas saat kerja juga menjadi optimal.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mendapati Suaminya Meninggal karena Penyakit Autoimun, Perempuan Ini Bertahan Hidup dalam Penyangkalan
Artikel Selanjutnya
Uangku Tak Mampu Memenuhi Kebutuhan Jiwaku