Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan dan Mencegah Kanker

Fimela.com, Jakarta Popcorn atau yang biasanya disebut dengan berondong jagung, merupakan camilan asin yang biasanya dikonsumsi saat nonton film. Popcorn dibuat dari olahan biji jagung yang dicampur dengan mentega dan garam. Namun ada juga yang memberikan bubuk keju, karamel atau balado untuk membuat popcorn.

Popcorn bisa dibeli saat akan menonton di bioskop. Tapi zaman sekarang banyak yang menjual popcorn instan, yang bisa dimasak sendiri di rumah. Popcorn dijual dengan harga yang ekonomis dan mudah ditemukan dipasaran.

Popcorn merupakan makanan ringan yang juga bisa dinikmati pada malam hari, untuk menemani saat bekerja atau menonton film di rumah. Berikut manfaat mengonsumsi popcorn untuk kesehatan, yang dilansir dari Brilio.net:

Mencegah Kanker

Manfaat popcorn yang pertama adalah bisa membantu mencegah penyakit kanker. Karena popcorn memiliki kandungan polifenl, yang merupakan jenis antioksidan, yang bisa mencegah radikal bebas perusak pelindung sel.

Kandungan yang terdapat di dalam popcron ini, bisa menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah kanker payudara, kanker prostat dan kanker kulit.

Mengontrol Kolesterol

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis di dalam tubuh, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Jika kadar kolesterol jahat lebih tinggi daripada kolesterol baik, maka akan berbahaya untuk tubuh dan menyebabkan penyakit yang kronis.

Popcorn memiliki kandungan mangan, yang bisa membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh, menjaga struktur tulang, mencegah osteoporosis, arthritis dan osteoarthritis.

Menurunkan Berat Badan

Popcorn adalah camilan yang bisa dikonsumsi kapan saja. Bahkan popcorn bisa dikonsumsi pada malam hari, tanpa takut berat badan menjadi naik, atau perut berubah menjadi buncit.

Popcorn adalah camilan yang rendah kalori, mengandung serat yang bisa mengontrol berat badan, dan juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, karena popcorn terbuat dari bahan dasar jagung.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat popcorn untuk kesehatan yang selanjutnya, yaitu bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Karena popcorn memiliki kandungan endosperm yang bisa mencegah sakit pada sistem pencernaan.

Sistem pencernaan yang tidak lancar bisa menyebabkan sakit sembelit, mual, perut buncit, nyeri pada usus hingga masalah lambung.

 

Mengontrol Gula Darah

Manfaat mengonsumsi pocorn yang terakhir adalah bisa membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Karena popcorn memiliki kandungan senyawa poli-fenolik, yang merupakan jenis antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Seperti yang kita tahu, gula adalah kandungan yang berbahaya untuk tubuh, apalagi jika mengonsumsi gula tambahan yang mengandung zat kimia. Sehingga mengonsumsi popcorn bisa membantu mencegah diabetes, yang disebabkan karena kadar gula darah tidak seimbang.

;
Loading