Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Mata Bengkak yang Jarang Disadari, Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Mata adalah organ tubuh yang sangat vital untuk manusia, maka dari itu kesehatan mata perlu dijaga sebaik mungkin. Jika kesehatan mata terganggu, akibatnya penglihatan pun menjadi bermasalah. Salah satu yang masalah yang sering dialami ialah mata bengkak.

Periorbital puffiness atau yang lebih dikenal mata bengkak ini biasanya terjadi di kelopak mata bagian atas dan bawah. Mata bengkak ini bisa terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya, mata bengkak tidak berlangsung lama sekitar 24 jam sampai 48 jam.

Meskipun tidak bertahan untuk waktu yang lama, fenomena mata bengkak tetap harus diwaspadai dan diatasi dengan segera sebelum merambah menjadi penyakit lain yang lebih serius. Untuk mengatasi mata bengkak, perlu diketahui dulu penyebabnya. Pasalnya, pengobatan mata bengkak harus sesuai dengan penyebabnya. Oleh karena itu, sebelum mengatasi kenali dulu gejala dengan lebih jeli.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab mata bengkak yang jarang disadari, beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Hordeolum atau Bintitan

Penyebab mata bengkak yang pertama ialah karena hordeolum atau biasa dikenal dengan istilah bintitan. Penyakit ini ditandai dengan kelopak mata yang bengkak. Disusul dengan benjolan merah, gatal, dan seperti jerawat. Umumnya disebabkan karena infeksi kelenjar kelopak mata.

Begitu juga penyebab dan cara atasinya tidak perlu pengobatan khusus. Bisa mengompres hangat untuk meredakan sakit dan menarik nanah ke permukaan. Ingat untuk tidak memecah benjolan karena bisa menyebar.

Herpes Mata

Penyebab mata bengkak yang kedua ialah karena penyakit herpes okular pada mata. Herpes okular disebut juga sebagai herpes mata. Herpes ini biasa ditandai dengan kelopak mata bengkak. Sudah bisa dipastikan bahwa penyebabnya pasti karena infeksi virus herpes. Gejalanya, yakni bintil berair dan bergerombol kemerahan.

Penyakit ini lebih banyak menyerang anak-anak. Untuk pengobatannya, bisa dilakukan dengan pemberian antivirus atau antibiotik.

Konjungtivis

Ketiga, penyebab mata bengkak lainnya ialah karena adanya konjungtivis pada mata. Gejalanya bisa ditandai dengan mata merah, gatal, berair, dan belekan. Namun, penyebab umumnya adalah infeksi virus atau bakteri. Infeksi bakteri disebut juga iritasi. Biasanya iritasi disebabkan oleh produk perawatan tertentu, seperti sampo dan sabun. Itu penyebab dan cara atasinya dengan kompres hangat atau antibiotik.

Namun, jika kondisi mata tidak kunjung sembuh dalam satu hari, maka sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut di klinik atau rumah sakit khusus yang menangani masalah kesehatan mata.

Blefaritis

Penyebab mata bengkak yang keempat ialah karena mata mengalami kondisi yang dinamakan blefaritis. Sekilas nampak mirip dengan konjungtivis, tetapi sebenarnya berbeda. Gejala blefaritis ditandai dengan kelopak bengkak, mata merah, gatal, berair, dan mengganjal.

Namun, penyebab blefaritis belum diketahui secara pasti. Dugaan sementara blefaritis dipicu oleh dermatitis seboroik, infeksi, tersumbatnya kelenjar, dan kutu bulu mata. Untuk mengataso dan mengobatinya bisa dengan kompres hangat atau antibiotik.

Selulitis Orbital

Terakhir, penyebab mata bengkak yang kelima ialah karena kondisi yang dinamakan selulitis orbital. Selulitis orbital ditandai nyeri bola mata dan buram. Penyakit ini sering menjangkit anak-anak hingga menyebabkan kebutaan. Namun, kebutaan hanya terjadi jika penanganan tidak tepat. Itu penyebab dan cara atasinya bisa dengan antibiotik.

Penanganan mata bengkak akibat selulitis orbital harus ditangi sesegera mungkin dan tidak boleh dianggap sepele. Jika diabaikan, maka kemungkinan terburuknya ialah kehilangan indera penglihatan.

;
Loading

Live Streaming

Powered by