Sukses

Lifestyle

5 Langkah Perencanaan Karier agar Masa Depan Sukses dan Terjamin

Fimela.com, Jakarta Masa depan yang gemilang tidak didapatkan dengan cara yang mudah, perlu adanya perencanaan yang baik dan matang untuk menggapainya. Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang ialah terlalu bersantai dan menganggap bahwa merencanakan masa depan adalah hal yang tidak begitu penting, padahal perencanaan dan persiapan adalah kunci dari kesuksesan itu sendiri.

Menjadi penting bagi kamu untuk melakukan perencanaan karier sejak dini, misalnya pada saat berkuliah, magang, dan melakukan pelatihan. Melalui perencanaan karier yang matang, kamu jadi tahu apa yang ingin kamu tuju dan bagaimana cara untuk meraihnya. Kerap kali orang menyepelekan hal ini dan berpangku pada keberuntungan.

Ingat, untuk meraih masa depan yang sukses dan terjamin, tidak cukup hanya mengandalkan keberuntungan. Kamu juga perlu merencanakan dan mengusahakannya. Oleh karena itu, kamu perlu tahu langkah-langkah apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk merencanakan karier demi masa depan yang lebih baik.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 langkah perencanaan karier agar masa depan sukses dan terjamin. Kamu bisa menerapkan langkah-langkahnya secara langsung mulai dari hari ini. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mulai Menyusun Visi Misi

Langkah pertama untuk merencanakan karier ialah dengan mulai menyusun visi misi hidup. Visi misi hidup ini merupakan panduan atau pedoman yang akan kamu rencanakan dan kamu realisasikan dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun kedepan. Supaya kamu lebih mudah menyusunnya, coba ikuti cara berikut ini:

  • Tanyakan kepada diri apa yang kamu inginkan di masa mendatang.
  • Bayangkan akan menjadi apa diri kamu beberapa tahun ke depan.

Jika membayangkan visi misi 5 sampai 10 tahun kedepan membuatmu bingung dan pusing, kamu bisa mulai dengan visi misi jangka pendek seperti 2 sampai 3 tahun kedepan. Dalam membuat visi misi, kamu perlu serius untuk memikirkan dan menentukannya karena visi misi tersebutlah esok yang akan menjadi panduanmu dalam melangkah menuju masa depan.

Kenali Potensi Diri, Fokus Pada Kelebihan dan Perbaiki Kelemahan

Langkah kedua dalam merencanakan karir ialah mengenali potensi diri dengan baik. Salah satu faktor yang menyebabkan orang gagal dalam menggapai mimpi dan masa depan yang gemilang ialah karena tidak mengenali potensi yang ada didalam diri. Akhirnya mereka memilih jalan yang salah, gagal, dan tidak bisa bangkit.

Maka dari itu, kamu harus bisa mengidentifikasi potensi apa yang bisa kamu kembangkan untuk mendapatkan karir yang ideal. Bisa dimulai dengan mencatat kelebihan-kelebihan apa saja yang ada pada diri. Tidak hanya kelebihan, kamu juga perlu tahu kelemahanmu sehingga kamu punya kesempatan untuk memperbaikinya.

Mengevaluasi Diri

Langkah ketiga untuk perencanaan karir yang perlu kamu lakukan ialah dengan mengevaluasi diri. Mengenang masa lalu memang tidak akan berpengaruh untukmu hari ini dan masa depan, namun jika kamu melakukannya untuk mengevaluasi diri maka hal tersebut tidaklah salah.

Terkadang kamu perlu berhenti dan menengok sejenak ke belakang lalu mulai mengingat apa saja yang telah kamu lakukan untuk mempersiapkan karirmu kedepan. Jika di amsa lalu kamu adalah orang yang malas dan tidak pernah serius pada hidup, maka kamu perlu mengubahnya dan jadikan pengalaman di masa lalu sebagai guru dan pelajaran terbaik untuk lebih melangkah maju jauh ke depan.

Cari Informasi Tentang Peluang Karir Masa Kini

Langkah keempat dalam merencanakan karir untuk masa depan yang sukses dan terjamin ialah dengan memperbaharui pengetahuan informasi mengenai peluang karir masa kini. Hal ini penting agar kamu juga tahu dan bisa memprediksi serta mempertimbangkan profesi atau jabatan apa yang sekiranya tengah ramai dan prospek karirnya juga bagus.

Selain mengetahui peluang karir, manfaat dari memperbaharui informasi juga bisa membuat kamu jadi tahu mengenai perkembangan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan pada masa kini. Zaman semakin maju maka kebutuh kualitas sumber daya manusia pun semakin meningkat. Informasi perkembangan kualifikasi tersebut bisa menjadi gambaran atau standar bagi kamu untuk mengembangkan potensi diri.

Merancang Career Path dan Merealisasikannya Secara Konsisten

Terakhir, langkah kelima untuk merencanakan karir agar masa depan menjadi sukses dan terjamin ialah dengan merancang career path dan merealisasikannya secara konsisten. Merancang career path maksudnya adalah mulai memetakan cara atau strategi yang bisa kamu lakukan untuk meraih profesi yang kamu inginkan, sebaiknya mulai dari langkah-langkah kecil dulu saja.

Selain merancang career path, faktor lain yang amat menentukan kesuksesanmu ialah konsistensi pada saat kamu merealisasikannya. Kamu harus konsisten dan tidak boleh mudah goyah ketika mendapatkan permasalahan saat sedang berusaha meraih posisi atau profesi yang kamu inginkan karena konsistensilah yang akan membawamu dari titik awal ke titik akhir yang kamu inginkan.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Cara Membuat Cantik Manis Mutiara
Artikel Selanjutnya
Arti Mimpi Soal Idola yang Kamu Puja