Sukses

Health

6 Manfaat Daun Mengkudu untuk Menjaga Kolesterol dan Melawan Kanker

Fimela.com, Jakarta Tanaman mengkudu atau yang memiliki nama lain morinda citrifolia L, merupakan tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional. Tanaman ini memiliki buah dan daun yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, hingga mengobati penyakit-penyakit di dalam tubuh. Sehingga tanaman ini sangat populer di dunia kesehatan.

Daun mengkudu atau yang biasa disebut pace, memiliki kandungan senyawa kimia seperti antrakuinon, alkaloid, saponin, flavanoid dan terpenoid, yang memiliki sifat sebagai antibakteri. Daun mengkudu sangat terkenal untuk melawan kanker. Namun, daun mengkudu juga memiliki beberapa manfaat yang dapat mendukung kesehatan jantung dan membantu mengatur kadar kolesterol.

Walaupun memiliki rasa yang pahit dan bau yang menyengat, mengkudu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Daun ini bisa dikonsumsi secara rutin sesuai dengan anjuran yang ditetap kan dokter. Berikut manfaat daun mengkudu untuk menjaga kolesterol dan melawan kanker:

Manfaat Daun Mengkudu

1. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat paling utama dari mengonsumsi daun mengkudu, yaitu bisa membantu mencegah kanker. Sudah dari lama tanaman mengkudu dipercaya sebagai obat tradisional, terutama pada bagian daunnya yang bisa diseduh untuk mengatasi penyakit kanket. Hal ini terbukti karena daun mengkudu memiliki kandungan senyawa yang memiliki sifat sebagai antioksidan. Kandungan ini bisa membantu membunuh sel-sel kanker, mencegah tumor berkembang di dalam tubuh, mioma dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Sebagai Anti Inflamasi

Daun mengkudu memiliki kandungan senyawa yang bersifat sebagai anti inflamasi. Kandungan ini bisa membantu menyembuhkan peradangan, yang terjadi di dalam tubuh maupun luka di dalam tubuh. Antiinflamasi yang terdapat di dalam daun mengkudu, mempercepat penyembuhan luka, membuat luka lebih cepat kering, mengatasi nyeri dan membunuh virus atau bakteri yang terdapat pada luka tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun mengkudu mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang dapat melindungi sel-sel jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Daun ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Bahkan bisa membantu mengurangi peradangan dalam arteri untuk menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Daun Mengkudu

4. Mengontrol Tekanan Darah

Daun mengkudu memiliki kandungan scopeletin, yang bisa membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh, agar tidak menyebabkan penyakit jantung maupun stroker. Mengonsumsi air rebusan dari daun mengkudu setiap hari, dipercaya bisa membantu melancarkan aliran darah, menurunkan tekanan darah yang tinggi, dan membantu mengurangi plak darah akibat banyaknya kadar kolesterol jahat di tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain membantu menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi air rebusan daun mengkudu, bisa membantu menjaga kesehatan kuli, agar terhindar dari berbagai macam masalah kulit, seperti kulit berjerawat. Daun mengkudu memiliki kandungan antioksidan dan selenium, yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas. Kandungan ini bisa membantu melindungi sel kulit, agar terhindar dari proses penuaan dini seperti kerutan halus, noda hitam, pori-pori besar dan kulit kusam.

6. Melancarkan Haid

Haid merupakan siklus bulanan setiap perempuan. Namun tidak semua perempuan mengalami haid yang lancar setiap bulannya. Biasanya pada saat haid, perempuan akan mengalami nyeri pada bagian punggung dan area perut. Mengonsumsi rebusan daun mengkudu, dipercaya bisa membantu melancarkan haid setiap bulannya, dan membantu mengatasi perasaan nyeri pada saat haid.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading