Sukses

Lifestyle

5 Kunci Sukses Bangun Bisnis Mulai dari Nol, Tak Cuma Bermodal Keyakinan Saja

Fimela.com, Jakarta Nggak bisa dipungkiri jika perkembangan dunia kreatif tanah air menjadi pemicu tingginya minat menjadi entrepreneur muda. Apalagi banyak cerita inspiratif dari sosok pebisnis perempuan sukses membangun usahanya. Hal ini jelas menjadi motivasi tersendiri untuk perempuan lainnya mengikuti jejak yang sama.

Mau terjun lebih serius dalam membangun bisnis sendiri? Pastikan bikin perhitungan yang matang, nggak hanya modal keyakinan saja. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Persiapkan Modal

Modal seringnya menjadi masalah utama dalam membangun bisnis. Jadi, penting untuk mempersiapkan modal dengan matang untuk menghindari masalah di kemudian hari. Modal bisa diperoleh dari tabungan pribadi, pinjaman bank, atau menggadaikan aset yang dimiliki. Namun, penting untuk melakukan perencanaan modal yang tepat. Jangan sampai pinjaman yang terlalu besar malah membuat kesulitan yang akhirnya mempengaruhi usaha ke depannya.

Cari Ide Bisnis Potensial

Mencari ide bisnis bisa dibilang cukup tricky. Nggak hanya memilih berdasarkan apa yang kamu inginkan saja, tapi juga menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Misalnya, bagi yang ingin menjalankan usaha di bidang fashion, tren home dress seperti piyama dan daster sedang jadi hal yang populer beberapa waktu belakangan ini. Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut sebagai ide bisnis yang potensial.

Selain itu, bidang food and beverage juga termasuk kategori bisnis potensial di masa depan lho. Apalagi perubahan gaya hidup di rumah aja juga meningkatkan kebiasaan home delivery. Makanan rumahan, healthy food, hingga frozen food menjadi beberapa jenis makanan yang populer dan sedang diminati masyarakat saat ini. Intinya, peka dengan kebutuhan pasar adalah kunci bisnis tetap survive.

Strategi Marketing Jadi Kunci

Kalau mau bisnis survive, promosi adalah kunci. Di era serba digital seperti sekarang ini, ada banyak cara buat mempromosikan bisnis dengan lebih efektif. Misalnya dengan membuat website menarik dan promosi lewat media digital untuk memperkenalkan produk kamu ke khalayak yang lebih luas. Buatlah konten promosi yang menarik, misalnya lewat foto produk yang ciamik hingga memanfaatkan giveaway yang bisa menarik follower lebih banyak.

Jangan lupa buat mempromosikan produk kamu ke grup atau komunitas yang diikuti. Teman atau keluarga terdekat bisa jadi target yang tepat untuk mencoba produk yang ditawarkan dan memberikan testimoni untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk kamu berkualitas. Jika kepercayaan pelanggan sudah terbangun, potensi bisnis bisa terus berkembang dan bertahan tentu akan lebih besar lagi.

Selalu Melakukan Evaluasi dan Inovasi

Bisnis mulai ramai pelanggan. Tapi, jangan mudah berpuas diri. PR besar lainnya menanti, yaitu bagaimana caranya membuat pelanggan agar terus melakukan repeat order. Di sinilah pentingnya melakukan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki, ditingkatkan, dan dipertahankan dari produk yang dijual.

Selain itu, inovasi produk juga penting. Bukan hanya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada saja tapi juga meraih pelanggan baru. Pastikan selalu mengeluarkan produk yang sesuai tren dan kebutuhan masyarakat, maka bisnismu punya kemungkinan besar untuk terus berjalan.

Tantang Diri untuk Terus Mengembangkan Usaha

Ini dia salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh para entrepreneur manapun. Jangan terjebak zona nyaman dan teruslah menantang diri buat mengembangkan usaha. Selain itu, penting juga mengembangkan skill baru yang bisa bermanfaat untuk pertumbuhan usahamu.

Jadi, jangan ragu buat terus mencoba berbagai kesempatan baru yang bisa memberikan insight positif buat usaha yang dijalankan. Seperti dengan berpartisipasi pada Adira Finance Festival Kreatif Lokal 2020. Ini dia event akbar yang fokus membangun Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia serta generasi muda agar bersama bangkit membangun perekonomian negara.

Untuk menunjukkan apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi kinerja mengagumkan dan memberdayakan masyarakat di sekitarnya, pada Festival Kreatif Lokal 2020 akan diselenggarakan Kreatif Lokal Award.

Kreatif Lokal Award akan menilai UKM terbaik dari 1000 UKM binaan Kemenparekraf RI, konsumen Adira Finance, dan masyarakat umum, untuk dipilih menjadi 18 pemenang dari 6 kategori ekonomi kreatif, yaitu kuliner, fashion, kriya, fotografi, video, dan pertunjukan.

Selain modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, pemenang nantinya juga akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online di Bukalapak, hingga exposure di media mengenai produk dan usaha mereka. Saat ini Festival Kreatif Lokal sudah mencapai tahap penjaringan peserta. Temukan informasi selengkapnya di sini, yuk!

Demi mendukung pelaku UKM yang turut berpartisipasi dalam Festival Kreatif Lokal 2020, Anteraja, sebagai salah satu perusahaan pengiriman barang berbasis teknologi siap memberikan servis istimewa.

Anteraja merupakan perusahaan pengiriman barang berbasis teknologi yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Merupakan bagian dari perusahaan Triputra Grup, Anteraja berdiri sejak tahun 2019 dan mulai beroperasi pada tahun yang sama dibulan Maret. Pelayanan Anteraja sudah tersedia lebih dari 90% di Indonesia. Anteraja menyediakan jasa pengiriman same day, next day dan regular yang sudah dilengkapi dengan fitur real time tracking. Selain itu, penjemputan produk di tempat pengirim atau penjual juga bisa dilakukan dalam waktu yang cepat, tanpa minimum barang yang dijemput.

Anteraja akan terus memberian layanan terbaik dan melayani pelanggan di seluruh Indonesia dengan mengedepankan nilai SATRIA yang memiliki arti Sigap, Aman, Terpercaya, Ramah, Integritas dan Amanah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading