Sukses

Lifestyle

Fimela Fest 2020: 12 Perempuan yang Berani Mengubah Dunia

Fimela.com, Jakarta Perempuan pertama yang kita kenal yaitu ibu pasti mengubah dunia kita. Ibu memiliki keberanian yang pasti ditiru setiap anaknya.

Namun kodrat perempuan yang hingga kini tak usai diperdebatkan kerap membatasi ruang gerak untuk memiliki peran perubahan dalam lingkup di luar keluarganya. Namun tak bisa diragukan jika 12 perempuan luar biasa ini memiliki banyak keberanian untuk mengubah dunia.

Tak hanya untuk diri mereka sendiri, namun juga untuk kita semua yang datang setelah mereka. Berikut 12 di antaranya melansir dari didyouknowfacts.com;

 

#12. Sara Blakely

Sara Blakely adalah pengusaha perempuan dari Amerika pendiri Spanx, perusahaan pakaian yang menjual korset dan berbagai jenis pakaian dalam. Pada September 2013, ia dinobatkan menjadi perempuan muda terkaya di dunia oleh majalah Forbes dan pada tahun 2014 mendapat gelar most powerful woman dari majalah yang sama.

 

#11. Laura Bassi

Laura Bassi menjadi perempuan pertama yang secara resmi diizinkan untuk mengajar sebagai profesor di universitas dalam mata kuliah fisika. Laura sendiri adalah seorang ahli fisika dan akademik Italia. Ia digambarkan sebagai 'Minerva', dan menjadi perempuan kedua di dunia yang mendapatkan gelar Doctor of Philosophy dan perempuan pertama yang memiliki gelar doktor dalam sains.

 

#10. Nellie Bly

Nellie adalah seorang jurnalis investigasi yang sangat berdedikasi. Salah satu yang membuat namanya terkenal adalah laporan dan eksposur tentang perawatan tidak manusiawi rumah sakit jiwa pada pasiennya. Ia mempelopori undercover reporting di zamannya.

 

#9. Julie Creffield

Kenyang dengan body shaming yang dikatakan orang-orang padanya, ia pun justru membungkam mereka yang merundungnya. Saat orang-orang mengatakan dia terlalu gemuk untuk berlari, justru ia menjadi pelari maraton, penulis, dan motivational speaker.

 

#8. Rosa Parks

Aktivis HAM Afro-Amerika Rosa Parks membuat sejarah setelah dia ditangkap karena menolak memberikan kursinya di bus pada penumpang kulit putih. Dalam Kongres Amerika Serikat ia juga dijuluki "Ibu pergerakan HAM Modern".

 

#7. Sofia Kovalevskaya

Sofia merupakan matematikawan perempuan utama Rusia dan murid Karl Weierstraß di Berlin. Pada tahun 1884, ia diangkat sebagai profesor di Universitas Stockholm dan perempuan ketiga di Eropa yang menjadi profesor. Untuk mewujudkan cita-citanya, ia rela menggelar pernikahan palsu agar bisa belajar di universitas luar negeri.

 

#6. Smaranda Braescu

Dia menjadi pelopor dalam penerbangan dan terjun payung di Rumania. Dan menjadi salah satu perempuan pertama di dunia yang mendapatkan lisensi di dunia penerbangan dan pernag memegang rekor dunia berganda. Prestasinya membuat Smaranda mendapat julukan 'Ratu Ketinggian'.

 

#5. Ruby Bridges

Gadis kecil ini mengubah sejarah saat menjadi anak Afrika-Amerika pertama yang bersekolah di sekolah kulit putih. Ia pun dijaga oleh Marsekal AS selama desegregasi di SD William Frantz.

 

#4. Kay D'Arcy

D'Arcy bekerja selama beberapa dekade sebagai perawat, tetapi memiliki impian untuk menjajal kemampuannya di Hollywood. Maka pada usia 79 tahun, dia memulai debutnya sebagai karakter utama di 'Agent 88'.

 

#3. Elizabeth Blackwell

Blackwell adalah perempuan pertama yang lulus dari sekolah medis dan menjadi dokter medis perempuan pertama di era modern. Padahal pada masa itu, ia diharapkan untuk menikah dan menjadi ibu.

 

#2. Lella Lombardi

Maria Grazia 'Lella' Lombardi merupakan seorang pembalap mobil profesional asal Italia. Ia sempat turun di ajang Formula 1 dari tahun 1974 sampai 1976 dan menjadi perempuan pertama dan satu-satunya hingga saat ini yang berhasil meraih poin balapan F1 di GP Spanyol 1975.

#1. Annie Smith Peck

Ia merupakan seorang pendaki dan petualang Amerika. Sebagai anggota pendiri American Alpine Club, ia mendaki gunung sampai usia 82 tahun. Pada tahun 1895, membagikan fotonya lengkap dengan busana dan perlengkapan mendaki serta memakai celana di depan umum.

Untuk tahu lebih lanjut topik seputar ini, daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

;
Loading