Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mengonsumsi Tape untuk Menurunkan Kolesterol Hingga Mengatasi Jerawat

Fimela.com, Jakarta Tape merupakan olahan singkong yang baik dikonsumsi untuk kesehatan. Tape merupakan makanan populer di Indonesia, yang memiliki rasa manis bercampur asam.

Tape memiliki tekstur yang lembut jika dimakan dan lengket jika dipegang. Tape berwarna kuning, memiliki kandungan alkohol dan terbuat dari hasil fermentasi. Saat membuat tape, fermentasinya dicampur dengan beberapa mikroorganisme seperti fungi atau jamur.

Tape singkong ini banyak dijual di daerah Bandung dan Bondowoso. Hasil dari fermentasi tapai ini, memiliki kandungan yang mengandung gizi baik untuk tubuh. Berikut manfaat mengonsumsi tape untuk menurunkan kolesterol hingga mengatasi jerawat:

Manfaat Mengonsumsi Tape

1. Mengontrol Kolesterol

Rutin mengonsumsi tape bisa membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Sebenarnya di dalam tubuh terdapat kolesterol baik yang disebut dengan HDL, dan kolesterol jahat yang disebut dengan LDL. Jika kadar kolesterol jahat terlalu banyak di dalam tubuh, hal ini bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Tape singkong memiliki kandungan asam organik, yang sangat baik untuk membantu memecahkan timbunan lemak dan kolesterol. Kandungan ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh, mengubah lembak menjadi energi dan mencegah penyakit jantung.

2. Mengatasi Anemia

Bagi Sahabat Fimela yang memiliki kondisi anemia atau kekurangan darah, dapat mengonsumsi tape singkong secara rutin. Karena hasil dari fermentasi tape singkong, menghasilkan kandungan yang kaya akan vitamin B12 dan vitamin B9. Kandungan dari tape singkong ini, bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya penyakit anemia yang bisa membuat tubuh menjadi lemah.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang kurang lancar, bisa menyebabkan penyakit sembelit, perut buncit, terasa begah, membuat penyakit usus dan bisa menimbulkan penyakit wasir. Tape singkong memiliki kandungan enzim, yang bisa membantu mendorong nutrisi dan melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Karena tape singkong diolah dengan cara fermentasi, maka proses ini meningkatkan asam laktat dan probiotik. Kandungan ini juga bisa membantu mendetoksifikasi tubuh dan mencegah sembelit.

 

Manfaat Mengonsumsi Tape

4. Mengatasi Jerawat

Selain membantu menjaga kesehatan sistem organ pada tubuh, tape singkong sangat baik dikonsumsi, untuk membantu mengatasi masalah-masalah pada kulit, salah satunya adalah kulit berjerawat. Tape singkong ini memiliki senyawa antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri, yang bisa membantu mengeringkan jerawat, mengecilkan pori-pori pada wajah, membersihkan racun pada wajah dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

5. Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf dan Jaringan Otot

Manfaat mengonsumsi tape singkong yang terakhir, yaitu bisa membantu meningkatkan fungsi saraf dan jaringan otot, yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Ketika proses fermentasi, tape singkong melepaskan enzim dan senyawa dari bakteri. Tape singkong ini juga memiliki kandungan asam amino, yang bisa membantu merangsang sistem saraf, menguatkan sistem jaringan otot, meningkatkan sistem neuron dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi serta kuat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading