Sukses

Lifestyle

Kenali 4 Jenis Makanan yang Berkhasiat Atasi Keputihan

Bagi perempuan, masalah keputihan adalah hal yang amat mengganggu kenyamanan karena bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Sebenarnya keputihan adalah hal yang wajar terjadi pada perempuan ketika masih dalam kondisi yang normal. Tetapi terdapat sebagian orang yang mengalami keputihan cukup parah, sehingga sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pada dasarnya keputihan adalah kondisi keluarnya cairan berbentuk lendir dari vagina. Dikatakan bahwa keputihan merupakan cara alami tubuh menjaga kebersihan dan kelembaban organ kewanitaan. Keluarnya cairan yang diproduksi vagina dan leher rahim ini membawa bakteri dan sel mati, sehingga vagina tetap terjaga dari infeksi.

Keputihan biasanya terjadi akibat adanya perubahan hormon yang dialami oleh perempuan. Seperti pada perubahan hormon yang terjadi di setiap siklus menstruasi. Juga pada ibu hamil, sering kali mengalami keputihan karena perubahan hormon kehamilan yang dialaminya. Selain faktor perubahan hormon, keputihan juga dapat terjadi saat perempuab mendapatkan rangsangan seksual, menyusui hingga stres.

Keputihan bisa saja membuatmu tidak nyaman, namun tidak perlu khawatir karena keputihan bisa diatasi secara alami dengan mengonsumsi makanan tertentu. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 4 jenis makanan yang berkhasiat atasi keputihan. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Buah Pisang

Jenis makanan yang berkhasiat atasi keputihan pada urutan pertama ialah buah pisang. Selain menjadi buah andalan bagi kaum perempuan yang hendak menurunkan berat badan, ternyata pisang juga memiliki manfaat untuk membantu mengatasi masalah keputihan.

Pada dasarnya perempuan yang mengalami keputihan dilarang mengonsumsi gula atau makanan yang mengandung gula terlalu banyak. Hal ini karena kandungan gula tersebut dapat meningkatkan produksi keputihan. Dengan demikian, pisang bisa menjadi pilihan makanan sebagai pengganti gula. Disarankan untuk mengonsumsi 2 buah pisang setiap harinya.

Sayuran Hijau

Jenis makanan kedua yang juga berkhasiat untuk mengatasi keputihan ialah sayuran hijau. Sudah tidak diragukan lagi berbagai sayuran hijau mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan yang banyak terdapat dalam sayuran hijau bermanfaat untuk menangkal radikal bebas bahkan dapat membunuh jamur saat keputihan. Banyaknya macam sayur bisa menjadi pilihan untuk olahan makanan setiap hari.

Daun Sirih

Selanjutnya, jenis makanan ketiga yang berkhasiat mengatasi keputihan ialah daun sirih. Sejak dahulu kala, daun sirih memang sudah dikenal sebagain bahan alami yang baik untuk organ kewanitaan, salah satunya adalah untuk mengatasi keputihan.

Cara penggunaannya pun tidak dengan langsung dikonsumsi dilakukan dengan merebus beberapa lembar daun sirih lalu meminum air seduhannya. Dengan meminum seduhan daun sirih secara rutin akan didapatkan manfaat secara maksimal.

Yoghurt

Terakhir, jenis makanan yang dapat mengatasi keputihan ialah yoghurt. Yoghurt ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan kulit dan wajah, tetaoi juga dapat menghilangkan keputihan. Kandungan alami yang terdapat pada yoghurt mampu menghilangkan jamur di dalam tubuh, termasuk didalam organ kewanitaan, sehingga menjadikan miss V bersih dan bebas dari keputihan.

;
Loading