Sukses

Lifestyle

Masih Ada Sisa Kuota, Apa Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka?

Fimela.com, Jakarta Pengumuman pendaftaran peserta Kartu Prakerja Gelombang 10 telah diumumkan. Bagi kamu yang tidak lolos pendaftaran kartu prakerja kali ini tentu berharap cemas akan adanya gelombang 11.

Pemerintah sebelumnya telah menetapkan bahwa Kartu Prakerja gelombang 10 menjadi gelombang terakhir di 2020 dan akan dilanjutkan pada 2021. Tahun ini, pemerintah telah mengalokasikan kuota peserta Kartu Prakerja sebanyak 5.597.183 orang.

Namun ada sekitar 3,46 persen kepesertaan pada gelombang 1-9 yang dicabut. Sehingga pemerintah sebenarnya masih memiliki sisa dana untuk kartu Prakerja.

Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin menuturkan pihaknya belum mengetahui sisa dana tersebut akan digunakan untuk apa. Hingga kini pihaknya belum mendapat arahan apakah bisa dipakai untuk membuka Kartu Prakerja Gelombang 11 atau tidak.

Total insentif dari Kartu Prakerja

Kartu Prakerja sendiri awalnya dibuka pada 11 April 2020 dan menjadi program pengembangan kompetensi pencari kerja hingga pekerja atau buruh yang terdampak pemutusan hubungan kerja. Dengan mengikuti program ini diharapkan para peserta mampu mengembangkan kompetensi kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.

Selain mendapat pelatihan, peserta Kartu Prakerja akan menerima insentif sebesar Rp3.550.000 selama mengikuti program ini. Dengan Rp1juta untuk mengikuti pelatihan dan tidak dapat dicairkan, insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp600ribbu perbulan selama empat bulan, serta insenstif survei kebekerjaan sebesar Rp50ribu dengan tiga kali survei.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading