Sukses

Lifestyle

Manfaat 5 Ampas Makanan dan Minuman yang Berguna untuk Kebutuhan Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Ampas atau sisa-sisa dari makanan dan minuman, sebaiknya jangan cepat-cepat untuk dibuang, karena dapat diolah dan berguna untuk kebutuhan sehari-hari.

Walaupun terlihat basi dan tidak bisa digunakan, namun ampas atau sisa makanan dan minuman bisa digunakan untuk membersihkan rumah, menyembuhkan iritasi, menghilangkan serangga, kecantikan dan lain sebagainya.

Jadi kalau ada ampas atau sisa makanan dan minuman, jangan langsung terburu-buru untuk dibuang ya! Yuk, simak manfaat ampas makanan dan minuman yang berguna untuk kebutuhan setiap hari, dilansir dari berbagai sumber:

Kopi

Ampas atau sisa kopi memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kebutuhan sehari-hari. Kalau Sahabat Fimela tidak habis meminum kopi, kamu bisa menggunakan sisa kopi ini untuk mewarnai furnitur atau lantai kayu yang warnanya mulai pudar. Caranya sangat mudah, yaitu hanya mencelupkan kain lap di kopi, dan oleskan pada furnitur atau lantai kayu.

Setelah membuat kopi, pasti akan meninggalkan endapan kopi yang disebut dengan ampas kopi. Ampas kopi ini bisa digunakan untuk mengusir serangga dan sebagai penyubur tanaman. Kamu bisa menyebarkan ampas kopi di sekitar halaman rumah untuk mengusir serangga, atau menyampurkan ampas kopi dengan tanah untuk menyuburkan tanaman.

Ampas kopi ini juga berfungsi sebagai pengharum ruangan, karena ampas kopi bisa membantu menyerap bau tidak sedap di ruangan atau lemari es, dan membantu mengontrol kelembapan ruangan. Kamu cukup menaruh ampas kopi pada mangkok, dan diamkan di ruangan atau taruh di dalam lemari es.

 

Teh

Ampas dan sisa teh juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kebutuhan setiap hari. Sering kali ampas atau sisa teh dikaitkan dengan kecantikan, karena teh memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan. Ampas teh bisa digunakan untuk dijadikan masker wajah yang bisa membuat wajah tampak awet muda. Sedangkan sisa teh yang sudah basi bisa digunakan untuk mencuci wajah, untuk membantu mengurangi jerawat, mencegah peradangan dan membuat wajah tampak lebih cerah.

Tak hanya berfungsi untuk kecantikan saja, ternyata sisa teh bisa digunakan untuk membersihkan sepatu, agar sepatu terlihat lebih mengkilap seperti baru. Kamu hanya perlu menggunakan lap dan dicelupkan ke dalam teh, lalu gosokkan dengan gerakan melingkat pada bagian sepatu yang berwarna gelap, dan keringkan dengan kain kering.

Untuk ampas teh, juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kaca yang kotor. Campurkan ampas teh dengan air di dalam wadah semprot, lalu semprotkan ke bagian kaca yang kotor, dan lap dengan kertas koran.

Soda

Terlalu banyak mengonsumsi soda memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun sisa dari minuman soda sangat bermanfaat untuk kebutuhan setiap hari. Seperti membersihkan bekas panci yang gosong. Caranya sangat mudah, kamu perlu menyiram panci gosong dengan 1 cangkir soda cola, lalu panaskan di atas pemanggang dengan suhu panas selama 30 menit, setelah itu cuci hingga bersih.

Soda cola juga sangat baik untuk menghilangkan benda yang berkarat. Caranya hanya dengan merendam benda berkarat dengan air soda, lalu lap dengan kain kering keesokan harinya.

 

Tahu

Ampas tahu didapatkan dari proses pembuatan tahu, yang didapatkan dari proses penyaringan tahu dengan airnya. Walaupun terlalu banyak melalui proses penyaringan, namun ternyata ampas tahu ini memiliki banyak sekali manfaat dan bisa dimakan.

Ampas tahu ini memiliki kandungan tinggi serat, kaya akan prebiotik dan rendah kalori. Sehingga mengonsumsi ampas tahu ini, bisa membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar, menjaga kesehatan usus dan membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi ampas tahu juga dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan tulang.

 

Kelapa

Kelapa dihaluskan lalu disaring dan dicampur dengan air untuk membuat santan. Setelah menjadi santan, ampas kelapa biasanya langsung dibuang begitu saja. Padahal ampas kelapa ini memiliki banyak manfaat.

Ampas kelapa bisa digunakan sebagai masker wajah, untuk membantu mengangkat sel kulit mati, meregenerasi kulit, mendetoksifikasi kulit dan membantu melembapkan kulit.

Ampas kelapa juga bisa digunakan sebagai masker rambut, yang bisa membantu membuat rambut berkilau, lebih halus, mencegah kerontokan dan membantu menghitamkan warna rambut.

;
Loading