Sukses

Lifestyle

FIMELA FEST 2020: Ouma Laouali, Perempuan Pertama yang Jadi Pilot di Nigeria

Fimela.com, Jakarta Sudah lama sejak pemikiran tentang pilot merupakan profesi yang hanya bisa dilakukan pria tersapu oleh banyaknya kemunculan pilot perempuan di seluruh dunia. Salah satunya, Letnan Ouma Laouali, pilot perempuan peratama di Nigeria yang sempat menjadi sorotan dunia. 

Bukan sekadar pilot biasa, Ouma merupakan pilot perempuan pertama di negaranya yang bertugas di Angkatan Udara Nigeria. Menjalani masa pendidikan di Amerika Serikat, Ouma kemudian menerbangkan pesawat Cessna yang dua diantaranya diserahkan oleh AS ke Niger dalam sebuah upacara di ibu kota Niamey, pada tahun 2015 lalu. 

Kemunculan Ouma merupaka sebuah bukti kalau perempuan-perempuan di Afrika kini tengah mendobrak batas dan segala hambatan untuk berkarya dan berkarier. Selama menjabat, Ouma membantu memerangi kelompok teroris, Boko Haram, yang memberika petaka bagi sebagain daerah di Afrika Barat. 

 

Pelatihan dari AS

Ouma yang kini berusia 30 tahun sempat menerima pelatihan penerbangan pesawat dari Amerika Serikat. BBC menulis, pelatihan tersebut merupakan bagian dari kesepakatan kerja sama keamanan senilai $24 juta. 

Tahun 2015, Ouma menerbangkan Cessna 208 Caravan intelligence, surveillance, and reconnaissance (ISR) yang merupakan sebuah kombat karavan yang bisa digunakan untuk menjalankan operasi militer. 

Untuk tahu lebih lanjut topik seputar ini, daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya.

Simak Video Berikut

;
Loading