Sukses

Lifestyle

Rahasia Mendapatkan Pekerjaan Lebih Cepat di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Menurut data "Hasil Survei Sosial Demografi Covid-19" yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, hanya ada 56,40% responden yang masih memiliki pekerjaan, 22,74% tidak bekerja, 18,34% bekerja, tapi dirumahkan, sedangkan 2,52% baru saja di-PHK. Survei yang dilakukan terhadap lebih dari 87.739 responden ini juga berhasil memperoleh data bahwa sebanyak 41,91%-nya mengalami penurunan pendapatan.

Inilah yang kemudian menginspirasi Jobstreet untuk membantu para pencari kerja, terutama yang terdampak pandemi untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Melalui fitur #LangsungKerja di dalam situs Jobstreet, peluang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar.

Di bulan Mei lalu, Jobstreet juga mengadakan survei terhadap lebih dari 5.000 responden Indonesia yang terdiri dari karyawan, pencari kerja, dan perekrut. Hasilnya adalah lebih dari 50% responden kehilangan pekerjaan atau diberhentikan sementara dan 43% lainnya mengalami pengurangan gaji lebih dari 30%.

 

Tips mendapatkan pekerjaan lebih cepat di masa pandemi

Menurut data dari Jobstreet, hingga akhir tahun ini, berbagai perusahaan akan mulai merekrut karyawan lagi, terutama di sektor manufaktur, produksi, perdagangan umum, grosir, perbankan, keuangan, ritel, teknologi informasi, dan komputer. Jenis pekerjaan yang menempati urutan teratas adalah Sales, Customer Service, Admin, HR, Accounting, Engineering, IT, Marketing, dan PR.

Bersamaan dengan fitur terbaru tersebut, Jobstreet juga memperkenalkan #TogetherAhead sebagai inisiatif global yang mencoba memudahkan proses pencarian lowongan kerja, baik bagi pencari kerja, maupun perusahaan pemberi pekerjaan. Pengguna Jobstreet cukup mencantumkan #LangsungKerja di profil mereka agar lebih mudah ditemukan oleh perusahaan yang membutuhkan.

Sejak diluncurkan, fitur ini sudah digunakan oleh lebih dari 43.000 pencari kerja di profil mereka dan oleh lebih dari 6.000 kandidat sudah menarik perhatian perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja. Pencarian kerja selama bulan April hingga Juni 2020 berjumlah lebih dari 300 juta, meningkat 11% dibandingkan periode tahun lalu.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading