Sukses

Lifestyle

Tur Virtual Jadi Solusi Wisata selama Pandemi Corona Masih Melanda

Fimela.com, Jakarta Pandemi Corona yang melanda seluruh dunia, termasuk di Indonesia, memengaruhi industri sektor wisata. Selain ditutupnya akses untuk masuk ke beberapa negara, beberapa destinasi wisata dalam negeri pun terpaksa tutup selama pandemi masih melanda. 

Dengan adanya pembatasan dan PSBB ini, menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Wishnutama Kusubandio, ruang gerak masyarakat menjadi terbatas. Untuk itu, pihaknya berusaha mendorong masyarakat untuk menggunakan teknologi dalam menjelajahi Nusantara. 

"Dengan adanya pandemi, ruang gerak menjadi terbatas. Pada saat itu juga, digitalisasi terakselerasi lebih cepat dari prediksi yang kita kira. Untuk itu, kami mendorong masyarakat menggunakan teknologi untuk menjelajah Nusantara, lewat tur virtual interaktif yang mensinergikan berbagai pihak, termasuk pelaku pariwisata, pemerintah, pasar digital, media, dan captive market," jelasnya. 

Tur virtual interaktif ini diluncurkan Traveloka melalui Online Xperience. Dalam penggarapannya, Traveloka juga menggandeng Kemenparekraf dan Atourin untuk menciptakan interaksi antara peserta tur virtual dengan pemandu. Ini merupakan inovasi pertama di Asia Tenggara yang menjadi solusi alternatif bagi pengguna Traveloka untuk memperoleh pengalaman seru tanpa harus meninggal rumah. 

Menyambangi Beragam Destinasi dengan Harga Terjangkau

Tur Virtual Online Xperience ini menawarkan 15 destinasi wisata dari 7 provinsi di Indonesia. Antara lain Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Selebihnya, Traveloka akan menambahkan destinasi wisata secara bertahap di sepanjang 2020. 

Setiap destinasi yang tersedia memiliki masing-masing jadwal dan durasi perjalanan. Mulai dari 1 jam hingga 1 jam 30 menit. Kamu nantinya akan mengikuti tur virtual ini secara live dan dipandu pramuwisata. Mulai dari keberangkatan ke bandara, rekomendasi akomodasi, hingga ke destinasi wisata. 

Untuk mengikuti tur virtual ini, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Mulai dari Rp50.000, kamu sudah bisa jalan-jalan ke destinasi impian. 

“Tur Virtual Online Xperience menyediakan wadah bagi pramuwisata untuk berbagi informasi inspiratif danedukatif terkait destinasi wisata di Indonesia. Melalui layanan ini, pengguna Traveloka dapat tetap menikmati perjalanan ke destinasi-destinasi wisata tanah air yang menawarkan keindahan menakjubkan bersama orang yang mereka cintai dari mana saja. Selama tur virtual, mereka dapat berinteraksi langsung dengan pramuwisata untuk mendapatkan informasi dan inspirasi perjalanan dari destinasi wisata yang ingin dikunjungi,” kata Albert Co-founder Traveloka. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

;
Loading