Sukses

Lifestyle

Bikin Rumah Lebih Nyaman dan Bebas Virus untuk Keluarga, Ini Rahasianya

Fimela.com, Jakarta Masa pandemi seperti sekarang ini memang membuat para ibu jadi gampang merasa cemas soal kesehatan keluarganya. Biarpun sudah berupaya menjalani protokol kesehatan dengan tertib, rasa cemas tetap ada terlebih melihat angka kasus yang terus mengalami perkembangan setiap harinya. Nggak hanya itu, Covid-19 juga sudah menyebar lewat cluster yang paling kecil, yaitu keluarga.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar memang jadi langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus. Tapi, sudahkah memperhatikan kebersihan dinding atau tembok di rumah? Ternyata, virus Covid-19 juga bisa bertahan di dinding atau tembok rumah, lho!

Covid-19 Dikonfirmasi Dapat Bertahan di Udara

Dokter spesialis paru RSU Adhyaksa, dr. Ahmad Muslim Nazaruddin, Sp.P. FERS mengungkapkan bahwa kini gejala flu biasa (common cold) seperti pilek, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, bersin, batuk, dan demam wajib diwaspadai.

“Penularan Covid-19 dapat terjadi ketika droplet berisikan virus dikeluarkan melalui batuk ataupun bersin dari penderita Covid-19 masuk ke dalam saluran napas orang lain. Proses penularan ini semakin cepat dan mungkin terjadi karena Covid-19 dikonfirmasi dapat bertahan lama di udara (airborne),” jelas dr. Ahmad.

Nggak hanya droplet atau airborne, sentuhan tangan juga bisa menjadi perantara transmisi virus. Virus yang menempel di gagang pintu, permukaan furniture, sakelar listrik, remote TV, handphone, atau tembok rumah rentan tersentuh tangan. Saat tangan memegang mata, hidung atau mulut, maka virus bisa masuk ke dalam saluran tubuh.

Berapa Lama Virus Covid-19 Menempel di Dinding Rumah?

Salah satu bagian rumah yang rentan menjadi tempat bersarang virus tapi jarang disadari adalah dinding. Sekilas dinding rumah mungkin selalu terlihat putih. Tapi tanpa kamu tahu, bakteri, kuman, hingga virus bisa menempel di sana.

“Khusus dinding atau tembok, virus korona dapat bertahan hidup dalam kisaran 2 jam hingga 9 hari. Hal tersebut bergantung pada suhu, kelembapan, dan paparan sinar matahari hingga sirkulasi udara pada ruangan,” imbuh dr. Ahmad.

Perlindungan Dinding Rumah Bebas Virus, Ini Rahasianya

Banyak yang masih mengabaikan kebersihan dinding di rumah. Padahal area ini yang paling luas pada bangunan, lho. Untuk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh kepada keluarga, Nippon Paint mengembangkan rangkaian cat atau pelapis dengan SILVER-ION sebagai anti-mikroba dari Nippon Paint.

“Pengembangan teknologi Silver-Ion untuk Cat/Pelapis Anti-Mikroba Nippon Paint merupakan bentuk usaha kami dalam membantu penekanan penyebaran Covid-19 yang berisiko tinggi pada kesehatan manusia,” ungkap CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia, Jon Tan. 

Berbeda dengan cat silver-ion lainnya, Teknlologi Silver-Ion dari Nippon Paint sudah mengalami pengujian di awal 2020 oleh Analytical Lab Group (ALG), yaitu laboratorium independen berstandar global. Pengujian dilakukan terhadap Human Coronavirus, ATCC VR-740, strain 229E. Hasilnya menunjukkan efektivitas 99,9% mematikan virus setelah kontak dengan lapisan cat yang mengandung Silver-Ion dari Nippon Paint.

ALG sendiri merupakan pemimpin industri laboratorium global yang memiliki standar FDA dan EPA di Amerika Serikat. Lab ini mengadakan pengujian pencegahan infeksi untuk anti-mikroba, farmasi, peralatan medis, bioteknologi, dan fasilitas perawatan kesehatan.

Cara kerja Silver-Ion dari Nippon Paint diformulasikan khusus sebagai antivirus dan antibakteri dengan beberapa tahapan. Mulai dari penetrasi ke dalam virus atau bakeri, menghentikan reproduksi, mematikan metabolisme, dan menghancurkan mikroorganisme tersebut. Daya antimikroba pada Silver-Ion Nippon Paint ini bertahan dalam waktu lama. Selain Human Coronavirus (strain 229E), Silver-Ion milik Nippon Paint ini juga efektif dalam membasmi virus influenza A (H1N1 dan H3N2), penyakit tangan, kaki dan mulut (Hand Foot Mouth Diseases / HFMD), dan bakteri Escherichia coli, Staphylococcus aureus, serta MRSA.

Yang paling penting, teknologi cat kesehatan dengan Silver-Ion dari Nippon Paint ini aman untuk keluarga dan ramah lingkungan, rendah VOC, tidak berbau serta hadir dalam ratusan pilihan warna. Yuk, saatnya maksimalkan perlindungan di rumah dengan produk cat yang tepat!

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Ikut Berdonasi Bangun Desa Sehat Lewat Jalan dan Lari Virtual
Artikel Selanjutnya
Hore! Cek Namamu, Apakah Kamu Pemenang Hadiah Fimela Virtual Fest 2020 Periode Pertama