Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Soda Kue Selain Digunakan untuk Bahan Masakan

Fimela.com, Jakarta Soda kue merupakan bahan masakan untuk membuat adonan kue menjadi lebih mengembang. Soda kue atau yang disebut dengan baking soda ini, memiliki tekstur yang lembut dan berwarna putih hampir mirip dengan garam.

Soda kue memiliki kandungan zat kimia seperti bikarbonat atau sodium bikarbonat. Kandungan ini yang bisa membuat adonan kue menjadi lebih mengembang, karena kandungan di dalam soda kue tersebut menghasilkan gelembung karbondioksida.

Selain dijadikan bahan untuk membuat adonan kue, soda kue juga memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Berikut manfaat soda kue yang lainnya, dilansir dari berbagai sumber:

 

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat pertama soda kue selain digunakan untuk bahan makanan, yaitu digunakan sebagai pengganti pasta gigi, yang bisa membantu membersihkan gigi dan mencerahkan warna gigi.

Pada dasarnya warna gigi memang putih, tapi karena kita mengonsumsi makanan yang mengandung gula, lemak dan kafein, maka warna gigi bisa merubah menjadi lebih cokelat atau kuning.

Untuk membuat warna gigi menjadi lebih cerah, campurkan soda kue dengan air hingga berbentuk pasta, lalu aplikasikan ke area gigi yang kuning dengan menggunakan sikat gigi, diamkan hingga 5 menit, lalu kumur dengan air hingga bersih.

Soda kue ini juga bisa dicampurkan dengan air hangat, lalu digunakan untuk berkumur setelah mencuci mulut dengan soda kue. Berkumur dengan soda kue ini bisa membantu mengurangi plak di gigi, membunuh bakteri dan menyegarkan bau mulut.

Menghilangkan Bau Ketiak

Ketiak yang memiliki bau tidak sedap, tentu saja bisa membuat seorang perempuan menjadi kurang percaya diri, tidak nyaman dan mengganggu lingkungan sekitar.

Bau ketiak ini bisa saja disebabkan karena biang keringat bercampur dengan kuman atau bakteri, yang terdapat pada lipatan kulit ketiak. Bau ketiak juga bisa disebabkan karena penggunakan pakaian yang terlalu ketat, kurangnya sirkulasi udara pada ketiak dan memiliki bulu ketiak yang panjang.

Untuk membantu menghilangkan bau ketiak, Sahabat Fimela bisa menggunakan soda kue sebagai pengganti deodoran. Cara pengaplikasian soda kue untuk menghilangkan bau ketiak hampir sama dengan bedak, cukup menepuk-nepukkan soda kue di area ketiak setelah mandi.

Membersihkan Peralatan Masak

Selain dijadikan bahan pengembang dalam adonan kue, ternyata soda kue ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan peralatan dapur dan area dapur. Senyawa kimia yang terdapat pada soda kue ini, bisa membantu mengangkat kerak yang terdapat pada peralatan dapur, menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel dan mengotori area dapur, serta menghilangkan bau tidak sedap yang terdapat pada area dapur dan peralatan dapur.

Cara menggunakan soda kue sebagai bahan untuk membersihkan peralatan dapur dan area dapur sangatlah mudah. Cukup mencampurkan soda kue dengan sedikit air, lalu gosokkan soda kue dengan spons pada area dapur dan peralatan dapur yang akan dibersihkan. Kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit dan bilas hingga bersih.

Menghilangkan Bau Sepatu

Soda kue juga memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Bau sepatu disebabkan karena sepatu tidak memiliki sirkulasi udara, jarang mencuci kaos kaki, kaki berkeringat dan kondisi sepatu yang lembab.

Tentu saja bau sepatu bisa membuat rasa percaya diri menjadi menurun. Untuk itu gunakan soda kue yang sudah dibungkus dengan kain tipis, lalu letakkan pada kedua sepatumu dan keluarkan soda kue ketika akan menggunakan sepatu. Soda kue bisa membantu mengontrol kelembapan pada sepatu dan membunuh kuman penyebab bau sepatu.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat soda kue yang terakhir selain digunakan untuk bahan makanan, yaitu bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengurangi berbagai masalah pada perut, seperti perut begah, asam lambung dan sembelit.

Sahabat Fimela bisa mencampurkan soda kue dengan air hangat, lalu dikonsumsi pada saat perut merasakan sakit dan susah BAB. Kandungan yang terdapat pada soda kue ini, bisa membantu mengubah asam menjadi basa pada lambung.

 

;
Loading