Sukses

Lifestyle

Fimela Fest 2020: Tips Menumbuhkan Keberanian untuk Menciptakan Perubahan

Fimela.com, Jakarta Perubahan adalah nadi dari kehidupan. Tanpanya, segala aktivitas dan hari-hari akan terasa stagnan. Statis tanpa ada pertumbuhan. 

Kehidupan pasti selalu ditandai adanya perubahan. Tidak selalu besar, perubahan-perubahan kecil pun pasti terjadi dalam hidupmu. Mulai dari kelulusan dan kamu harus mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Atau sekadar berganti indekos dan tempat kerja. 

Yang jelas, perubahan itu selalu ada. Seperti pandemi Corona yang terjadi saat ini. Tidak bisa dipungkiri, menghadapi sebuah perubahan besar seperti sekarang ini perlu kekuatan untuk bertahan. Tapi, jika kamu ingin menciptakan sebuah perubahan penting dalam hidupmu sendiri, kamu akan membutuhkan sebuah keberanian. 

Tidak mudah menumbuhkan keberanian untuk berubah. Pasti akan ada rasa takut dan khawatir. Keberanian sebenarnya tidak muncul dalam satu kedipan mata saja. Kamu tetap harus belajar agar bisa memupuknya. 

1. Jangan Tunggu hingga Sempurna

Banyak orang menunda untuk memulai perubahan. Mereka menunggu sampai setuasi sempurna. Misalnya, mau membuka usaha, malah menunggu sampai modal besar. Atau, mau pindah kerjaan, malah menunggu ada panggilan wawancara. Padahal, kamu bisa memulai dahulu meski 'modal' masih sedikit. Misalnya, mulai saja usaha kecil-kecilan. Atau, mulai apply ke berbagai perusahaan yang memang sudah membuka lowongan. 

2. Jangan Merasa Sendirian

Setiap perubahan pasti akan mengundang kesulitan dan rintangan. Tapi, jangan pernah merasa kamu sendirian di dunia ini. Ketika kamu ingin menciptakan sebuah perubahan, pastikan kamu memiliki orang yang sangat kamu percaya sebagai penyemangat dan tempat bersandar. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading