Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mengonsumsi Pare yang Bisa Mencegah Penyakit Diabetes

Fimela.com, Jakarta Pare adalah tanaman yang memiliki rasa pahit jika dikonsumsi. Tanaman yang satu ini merupakan tanaman merambat yang tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan juga memiliki manfaat untuk membantu mencegah diabetes.

Pare atau peria memiliki kandungan zat besi, magnesium, vitamin C, serat dan kalium. Bahkan kalsium yang terdapat di dalam pare ini 2 kali lebih banyak dari pada bayam, lebih banyak beta karoten daripada brokoli dan lebih banyak kalium daripada pisang.

Walaupun pare memiliki rasa yang pahit, namun pare sering kali diolah menjadi berbagai macam masakan seperti siomai, gado-gado dan tumis. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi pare yang juga bisa membantu mencegah penyakit diabetes, dilansir dari Brilio.net:

Mencegah Diabetes

Manfaat pare yang pertama adalah membantu mencegah penyakit diabetes. Pare memiliki sifat yang bisa membantu membawa glukosa ke dalam sel, kemudian glukosa tersebut diolah menjadi energi.

Mengonsumsi pare secara rutin bisa membantu mengontrol glukosa yang ada di dalam tubuh, mencegah terjadinya penumpukkan glukosa, dan membantu memindahkan glukosa ke hati, otot serta jaringan lemak.

Mencegah Kanker

Menonsumsi pare juga bisa membantu mencegah sel kanker bertumbuh di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, pare memiliki kandungan yang bersifat sebagai antioksidan dan antikanker.

Sifat antioksidan yang terdapat di dalam pare, bisa membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, dan membantu melindungi sel-sel tubuh agar tidak rusak karena radikal bebas.

Sedangkan sifat antikanker yang terdapat di dalam pare, bisa membantu mencegah terjadinya sel kanker payudara, usus besar, prostat, hati dan kanker darah.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pare yang selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan mata. Karena pare memiliki kandungan flavonoid seperti alpa karoten, beta karoten, lutein, zeaxanthin dan vitamin C.

Rutin mengonsumsi pare bisa membantu meningkatkan kualitas penglihatan mata, mencegah glukoma, mencegah infeksi mata dan juga gangguan kesehatan mata yang lainnya.

 

Mencegah Asma

Manfaat pare yang selanjutnya adalah membantu mencegah dan meredakan penyakit asma. Asma adalah penyakit yang mengganggu sistem pernapasan, seperti susah bernapas, nyeri pada dada, batuk dan napas berbunyi.

Selain membantu mencegah asma, mengonsumsi pare juga bisa membantu mencegah penyakit bronkitis, karena pare memiliki sifat antihistamin, anti inflamasi, dan antivirus.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat mengonsumsi pare yang terakhir adalah membantu menurunkan berat badan. Karena pare memiliki kandungan yang rendah kalori dan tinggi akan serat. Mengonsumsi satu cangkir pare atau sekitar 94gram pare, sama dengan mengonsumsi 2gram serat.

Kandungan ini bisa membantu membuat perut kenyang lebih lama, mengurangi nafsu makan, melancarkan sistem pencernaan, mengurangi kalori dan membantu menambah energi harian.

;
Loading