Sukses

Health

6 Manfaat Daun Delima untuk Mengurangi Kolesterol dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Buah delima merupakan buah yang memiliki warna merah keunguan, yang berasal dari negara Iran dan dibawa ke negara Mesir tahun 1600SM. Dari zaman dahulu, buah delima ini dijadikan sebagai obat yang berkhasiat. Sampai sekarang buah delima ini sangat terkenal di dunia kecantikan dan kesehatan.

Selain buahnya, ternyata daun delima juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan daun delima ini bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit, dan bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Salah satu manfaat daun delima yang populer adalah menurunkan kolesterol tinggi.

Daun delima memiliki sifat sebagai anti inflamasi dan sebagai anti virus. Sahabat Fimela bisa konsultasi dengan ahli gizi sebelum mengonsumsinya. Berikut beberapa manfaat daun delima untuk mengurangi kolesterol dan menguatkan sistem kekebalan tubuh:

Manfaat Daun Delima

1. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun delima yang pertama adalah membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh, agar terhindar dari penyakit batuk, pilek, radang tenggorokan dan penyakit lainnya yang disebabkan karena virus. Untuk membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh, daun delima bisa direbus dengan air. Kemudian untuk hasil maksimal, minum 2 kali sehari air rebusan daun delima tersebut.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Daun delima juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan, sehingga sistem pencernaan bisa lebih lancar dan terhindar dari penyakit pencernaan, seperti diare, mual, asam lambung dan sembelit. Daun delima terkenal sebagai obat herbal, yang baik dikonsumsi tiap hari karena memiliki kandungan nutrisi dan mineral. Sahabat Fimela bisa mengonsumsi air rebusan daun delima untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

3. Menurunkan Kolesterol

Daun delima memiliki manfaat untuk kolesterol karena mengandung senyawa polifenol yang disebut punicalagin. Senyawa ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Konsumsi daun delima secara teratur dapat mendukung kesehatan kardiovaskular dan pengaturan kolesterol.

Manfaat Daun Delima

4. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa merusak penampilan. Jerawat sering kali muncul di area wajah, yang disebabkan karena hormon, bakteri atau fungal jerawat, jarang membersihkan riasan, mengonsumsi makanan yang kurang bergizi dan lain sebagainya. Daun delima juga memiliki manfaat untuk membantu mengatasi jerawat di wajah. Caranya dengan membuat masker daun delima, dengan menumbuk atau menghaluskan daun delima, lalu mengoleskan daun delima ke area kulit yang berjerawat, tunggu hingga 15 menit dan bilas hingga bersih.

5. Menyembuhkan Ruam Kulit

Daun delima memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti inflamasi atau anti peradangan dan anti bakteri, sehingga daun delima bermanfaat untuk membantu mengatasi ruam kulit, yang disebabkan karena alergi, jamur dan bakteri penyebab ruam kulit dan gatal. Daun delima dapat dihaluskan atau ditumbuk, kemudian oleskan daun yang sudah halus ke area kulit ruam, tunggu selama beberapa saat dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

6. Mencegah Insomnia

Buat Sahabat Fimela yang mengalami gangguan tidur atau insomnia, konsumsilah daun delima secara rutin, untuk membantumu tidur dengan pulas, mencegah insomnia dan membuat tubuh lebih segar serta sehat. Kamu bisa merebus 3gram daun delima dengan 200ml air, lalu minumlah air rebusan ini setiap hari sebelum tidur. Maka kamu akan tidur lebih nyenyak dan badanmu akan lebih segar dikeesokan harinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading