Sukses

Lifestyle

Hadapi 2 Kanker, Seorang Perempuan Dirikan Yayasan Bagi Para Penyintas

Fimela.com, Jakarta Didiagnosis dengan dua kanker saat remaja bukan tahapan yang mudah bagi Tracy Vicere. Perjuangan menghadapi limfoma dan multiple sclerosis membuat Tracy Vicere berpikir untuk menemukan cara yang mampu mengubah tantangan kesehatannya menjadi sesuatu yang indah. Sehingga Tracy berpikir untuk mendidikan sebuah yayasan.

Tracy Vicere mendirikan Friends & Angels: The Tracy Vicere Foundation pada 2011 yang merupakan yayasan untuk penyembuhan pasien kanker. Berkaca dari perawatan yang pernah ia terima di Cohan Children's Medical Center, Queens, yayasan Vicere mendukung pasien dan keluarga di unit hematologi, onkologi, dan transplantasi sumsum tulang di rumah sakit tersebut. Rumah sakit ini menjadi tempat Vicere mendapatkan perawatan hingga akhirnya sembuh.

Vicere sendiri didiagnosa dengan kanker limfoma Hodgkin stadium 3A dan limfoma non-Hodgkin stadium 1A pada usia 16 tahun. Kabar ini seolah menjadi pukulan bagi keluarganya setelah saudara perempuannya menyelesaikan perawatan untuk sembuh dari limfoma Hodgkin tujuh bulan sebelumnya.

Selama menjalani masa perawatan, Vicere membuat kamar pribadinya di rumah sakit seperti kamarya di rumah. Ia membawa semua barang-barang, seperti bantal, selimut, dan perabotan pribadinya. Aroma rumah sakit yang steril dan aroma sprei kasar membuatnya semakin merasa sakit. Dengan menjadikannya seperti kamar di rumah membuatnya merasa menjalani keadaan yang normal.

 

 

Dirikan yayasan setelah kanker kedua

Setelah setahun menjalani perawatan, Vicere merasakan emosional yang layaknya rollercoaster hingga akhirnya sembuh pada 5 Juli 1990.

"Bagiku, tanggal itu lebih penting daripada ulang tahunku karena, jika bukan karena tanggal itu, aku tidak akan berulang tahun," katanya.

Dengan sembuhnya Vicere limfoma membuat dirinya bisa menjalani pendidikan tinggi sebelum menjadi guru pendidikan khusus di Sekolah Dasar Woodward Parkway di New York. Namun pada Juni 2009, ia kembali didiagnosis dokter dengan multiple sclerosis.

Meski didiagnosis penyakit keras, Vicere menolak untuk melakukan sesuatu yang berdampak. Di tahun berikutnya, Vicere mendirikan Friends & Angels.

Oktober 2011, Friends & Angels mengadakan penggalangan dana dan berhasil mengumpulkan $4000 atau sekitar Rp59juta. Yayasan ini dikenal untuk mendekorasi kamar rumah sakit agar pasien merasa lebih nyaman. Dengan boneka, mainan, kerajinan dan teknologi, menyediakan tas perlengkapan mandi untuk keluarga, hingga mengatur kegiatan untuk para penyintas dan membantu staf rumah sakit dengan kesehatan emosional mereka.

"Bagian tersulit bagi saya sekarang adalah saya memiliki rasa bersalah para penyintas karena beberapa dari anak-anak ini tidak sesakit saya. Dan saya kebetulan cukup beruntung dan cukup beruntung untuk menanggung pertempuran," ungkap Vicere.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Pengalaman sebagai Karyawan Terbaik dan Dapat Hadiah ke Singapura
Artikel Selanjutnya
4 Zodiak Ini Selalu Mudah Teringat Cinta Pertamanya yang Manis