Sukses

Lifestyle

Perjuangan Gadis 11 Tahun Mencari Donor Sel Punca untuk Sembuh dari Kanker Darah

ringkasan

  • Arya, berusia 11 tahun mencoba mencari donor sel punca setelah didiagnosis menderita kanker darah.
  • Arya mengatakan akan sulit menemukan donor untuknya karena etnis tapi itu bukan tidak mungkin

Fimela.com, Jakarta Seorang gadis berusia 11 tahun, Arya asal Cambridge mencoba mencari donor sel punca setelah didiagnosis menderita kanker darah. Padahal ia baru saja mulai sekolah setelah liburan musim panas, tetapi setelah didiagnosis menderita kanker darah atau anemia aplastik, dia juga akan memulai pengobatan imunosupresan.

Arya didiagnosis terkena anemia aplastik awal tahun 2020. Ia menerima perawatan di Rumah Sakit St Mary, London.

Anemia aplastik adalah kondisi serius yang terjadi ketika tubuh berhenti memproduksi cukup sel darah baru. Itu berarti sistem kekebalannya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, menempatkannya pada risiko infeksi yang lebih besar.

Melansir cambridge.co.uk, untuk menyembuhkan anemia aplastiknya, Arya membutuhkan transplantasi sel punca. Badan Amal Antony Nolan sedang mencari donor sel punca di seluruh dunia untuk menemukan donor yang jenis jaringannya cocok dengan Arya dan yang bersedia mendonasikan sel punca untuk membantunya menjalani kehidupan normal kembali.

Namun, sulit mencari donor bagi orang-orang dengan etnis campuran seperti Arya, yang setengah India.  Dia berbagi kisahnya untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya lebih banyak orang dari ras campuran untuk mengikuti pendaftaran sel induk.

Harapan

Arya mengatakan akan sulit menemukan donor untuknya karena etnis tapi itu bukan tidak mungkin, selalu ada harapan. Pasangan terbaik untuk Arya kemungkinan besar memiliki latar belakang atau campuran etnis yang sama. 

Saat ini, orang-orang dengan latar belakang campuran Asia atau minoritas lainnya memiliki peluang 20 persen untuk menemukan jodoh dari donor yang tidak terkait, dibandingkan dengan hampir 70 persen untuk orang-orang berkulit putih, keturunan Eropa utara.

“Ketika saya pertama kali menjadi tidak sehat, saya ingat pernah sakit perut. Awalnya terasa seperti jahitan tetapi sakitnya tidak hilang jadi saya harus menjalani tes lagi,” papar Arya. 

Tes ini mengungkapkan sesuatu yang lebih serius, seperti yang diingat ibunya, Brundha: "Arya selalu bugar dan sehat, tetapi hidup berubah dengan sangat cepat."

"Tiba-tiba kami berbicara dengan dokter tentang anemia aplastik dan Arya harus menghentikan banyak hal yang dia sukai karena trombositnya, sel darah kecil yang membantu tubuh membentuk pembekuan, rendah,” papar Brundha

Keluarga tersebut diberi tahu tentang perawatan yang harus dilakukan Arya dan perlunya donor yang sesuai. Saat pencarian berlanjut, menunggu jodoh Arya telah menginspirasi keluarga Lloyd untuk berbagi kisah mereka.

Tujuan mereka adalah untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya lebih banyak donor sel punca dari etnis campuran untuk bergabung dengan daftar Badan Amal Anthony Nolan dan dengan demikian meningkatkan kemungkinan menemukan jodoh untuk kaum muda seperti Arya. 

"Karena Arya adalah ras campuran, selalu tidak mungkin kami akan menemukan pertandingan dengan cepat. Karena itu kami memulai seruan ini karena kami tidak ingin putus asa,” papar Brundha

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading