Sukses

Lifestyle

Manfaat Bayam Hijau untuk Kesehatan, Termasuk Mencegah Kanker

Fimela.com, Jakarta Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau, yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Bayam berasal dari negara Persia, yang memiliki nama lain Spinacia oleracea. Bayam hijau sering diolah menjadi sayur, keripik, jus hingga salad.

Bayam hijau memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin A. Bayam hijau juga memiliki kandungan mineral berupa magnesium, asam folat, zat besi, potasium, kalsium dan sodium.

Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam bayam hijau ini, memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama membantu mencegah penyakit kanker. Bayam hijau juga sangat aman dikonsumsi anak-anak hingga lanjut usia. Berikut manfaat bayam hijau untuk kesehatan, termasuk mencegah kanker, dilansir dari Brilio.net:

 

Mencegah Penyakit Kanker

Mengonsumsi bayam hijau setiap hari, memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, karena bayam hijau bisa membantu mencegah penyakit kanker.

Warna hijau pada sayur bayam ini, mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas, yang bisa merusak sel ketahanan tubuh. Kalau sel ketahanan tubuh rusak, maka tubuh akan mudah terinfeksi virus dan mudah terkena sel kanker.

Selain itu, bayam hijau memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan produksi sel darah putih di dalam tubuh, yang bisa membantu melindungi tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat bayam hijau yang selanjutnya, yaitu bisa membantu menjaga kesehatan mata. Karena bayam hijau memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A. Kandungan ini sangat dibutuhkan mata untuk memperbaiki sistem penglihatan.

Bayam juga memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein. Kandungan ini merupakan karotenoid, yang bisa membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kandungan ini juga bisa membantu meningkatkan ketajaman penglihatan mata.

Mencegah Penyakit Jantung

RUtin mengonsumsi bayam hijau juga bisa membantu mencegah penyakit jantung. Bayam hijau memiliki kandungan nitrat, yang bisa membantu mengkontrol tekanan darah agar lebih stabil.

Menurut sebuah penilitian, antioksidan yang terdapat di dalam bayam hijau, bisa membantu meningkatkan aliran darah, mencegah peradangan pada pembuluh darah, mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan meningkatkan sistem kerja jantung.

Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes bisa menyerang segala usia. Walaupun diabetes disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi gula tambahan dan obesitas, tapi diabetes juga disebabkan karena adanya faktor keturunan.

Bayam hijau membantu mencegah penyakit diabetes, karena bayam hijau mengandung alpha-lipoic, yang juga bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mencegah perubahan oksidatif karena stres dan menurunkan resiko neuropati perifer.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat mengonsumsi bayam hijau yang terakhir, yaitu bisa membantu mencegah penyakit osteoporosis, yang merupakan kondisi tulang rapuh dan mudah patah. Gejala osteoporosis ini bisa diketahui ketika kamu mengalami cidera tulang atau jatuh.

Bayam hijau memiliki kandungan yang kaya akan vitamin K dan vitamin D. Kedua vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh, untuk meningkatkan kepadatan tulang, menguatkan tulang dan membantu proses pertumbuhan tulang pada anak-anak.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Pantau Tekanan Darah, Karena Hipertensi Menjadi Penyakit Penyerta Terbesar Covid-19
Artikel Selanjutnya
Perempuan yang Tak Pernah Ceritakan Masalah, Bukan Berarti Hidupnya Selalu Mudah