Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Okra yang Baik untuk Kesehatan dan Mengatasi Anemia

Fimela.com, Jakarta Okra merupakan sayuran yang bentuknya hampir mirip seperti cabai. Sayuran yang berasal dari Etiopia dan Asia Selatan ini cukup asing di negara Indonesia. Tetapi baru-baru ini sayuran okra mulai di budidayakan di negara Indonesia.

Okra terdiri dari dua jenis yaitu okra merah dan hijau, yang rasanya sama saja seperti sayuran pada umumnya. Okra juga memiliki tekstur yang cenderung lengket dan berlendir. 

Okra memiliki kandungan yang kaya akan serat, glutation, vitamin dan mineral. Sehingga sayuran okra ini sangat baik untuk kesehatan. Berikut manfaat okra yang baik untuk kesehatan dan mengatasi anemia, dilansir dari Brilio.net:

Mencegah Anemia

Mengonsumsi sayur okra sangat membantu mencegah penyakit anemia. Anemia merupakan kondisi saat seseorang kekurangan sel darah merah. Penyakit anemia ini bisa membuat seseorang terasa lemas, pusing, mudah mengantuk hingga pingsan.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam okra, bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, membantu menyembuhkan penyakit anemia dan memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Manfaat mengonsumsi okra yang selanjutnya yaitu bisa membantu mencegah penyakit kanker. Okra memiliki kandungan yang kaya akan protein seperti lektin. Kandungan ini bisa membantu mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Okra juga memiliki kandungan yang bersifat sebagai antioksidan. Kandungan ini bisa membantu melawan radikal bebas, mencegah mutasi sel kanker, dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Mencegah Penyakit Asma

Sayur okra sangat baik dikonsumsi buat kamu yang memiliki penyakit asma. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit asma bisa menyebabkan seseorang kesulitan bernapas, batuk kering, nyeri dada dan bisa merenggut nyawa.

Menurut sebuah penelitian, sayur okra ini bisa membantu mengendalikan dan mencegah asma. Karena kandungan antioksidan dan vitamin C dari sayuran ini, bisa membantu menguatkan sistem imun tubuh.

Mengontrol Kolesterol

Di dalam tubuh manusia terdapat kolesterol baik yang disebut HDL, dan juga mengandung kolesterol jahat yang disebut LDL. Jika kadar kolesterol jahat terlalu tinggi di dalam tubuh, bisa menyebabkan penyakit yang kronis hingga menyebabkan komplikasi.

Sayuran okra ini memiliki kandungan serat yang larut dalam air. Sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kadar kolesterol yang seimbang di dalam tubuh, bisa membuat aliran darah lebih lancar dan mencegah penyakit jantung.

Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat mengonsumsi sayur okra yang terakhir, yaitu bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil. Karena okra memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, seng, asam folat serta kalsium.

Kandungan yang terdapat di dalam okra, bisa membantu pertumbuhan janin di dalam kandungan, membuat daya tahan tubuh ibu dan janin kuat, memperlancar proses persalinan, serta bisa memenuhi asupan gizi ibu dan janin.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Menjadi Ibu yang Bekerja, Lelahmu Datangkan Kebaikan untuk Keluargamu
Artikel Selanjutnya
Resep Bolu Tape Kukus 2 Telur Simpel