Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Komedo di Wajah Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit. Komedo muncul akibat pori-pori tersumbat kotoran, minyak atau bakteri penyebab jerawat. Sebenarnya komedo ini tidak menyebabkan masalah kulit yang parah, tapi adanya komedo di wajah bisa merusak penampilanmu.

Ternyata untuk mengatasi komedo dan merawat kecantikan wajah, bisa menggunakan daun jambu biji yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Pada dasarnya buah jambu biji yang dipercaya bisa menjaga kesehatan tubuh dan merawat kecantikan.

Daun jambu biji memiliki kandungan antioksidan, bersifat antibateri, anti inflamasi, vitamin C dan tannin. Daun jambu biji adalah bahan alami yang aman digunakan untuk wajah. Berikut manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah:

Manfaat Daun Jambu Biji

1. Mengatasi Komedo

Komedo disebabkan karena adanya penyumbatan pada pori-pori akibat produksi minyak yang terlalu banyak, dan jarang membersihkan riasan sehingga pori-pori tersumbat sisa riasan. Untuk mengatasi komedo di wajah, kamu bisa menghaluskan jambu biji dan sedikit air, lalu scrub dan gosok perlahan bagian kulit yang ada komedonya. Kemudian cuci wajah hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap 2 kali dalam seminggu.

2. Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini ini bisa dicegah dengan menggunakan daun jambu biji. Karena daun jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit, serta mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Untuk mencegah penuaan dini, rutinlah mengonsumsi air rebusan daun jambu biji, serta mencuci wajah dengan air rebusan daun jambu biji yang sudah didinginkan terlebih dahulu.

3. Mengatasi Kulit Berjerawat

Daun jambu biji bisa digunakan sebagai masker wajah yang bisa mengatasi jerawat. Caranya hancurkan beberapa daun jambu biji dan campur dengan 1sdt madu atau 1sdt air jeruk nipis. Oleskan pada bagian wajah berjerawat, lalu tunggu hingga 15 menit dan bilas hingga bersih.

Manfaat Daun Jambu Biji

4. Mengatasi Ruam Kulit

Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi. Sehingga bisa membantu mengatasi ruam yang disebabkan karena infeksi dan alergi. Sifat daun jambu biji sebagai anti inflamasi ini, bisa membantu menghilangkan kemerahan di kulit, mengatasi peradangan dan mengurangi rasa gatal. Untuk mengatasi ruam kulit ini, tumbuklah beberapa daun jambu biji hingga halus, lalu oleskan pada bagian kulit yang mengalami ruam. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air dingin.

5. Mencegah Rambut Rontok

Selain baik untuk menjaga kecantikan kulit dan mengatasi beberapa masalah kulit, ternyata daun jambu biji juga bisa membantu menjaga kecantikan rambut, seperti membantu mengatasi rambut rontok. Daun jambu biji bisa dijadikan masker rambut alami, yang bisa membantu menguatkan akar rambut dan memperbaiki kerusakan rambut, sehingga rambut tidak mudah patah atau rontok.

Ambillah segenggang daum jambu biji, lalu redus dengan 1 liter air selama 20 menit. Setelah itu gunakanlah sebagai masker rambut dan pijat-pijat kepalamu. Lalu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading