Sukses

Lifestyle

Pandemi Corona, Naik Ojek Online Kini Lebih Aman dan Nyaman dengan Inovasi J3K

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi ini, layanan transportasi ojek online ternyata ikut beradaptasi dengan keadaan. Salah satunya, Gojek yang berinisiatif dalam meluncurkan inovasi Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Kemanan (J3K). Inovasi ini merupaka wujud penguatan Gojek sebagai perusahaan penyedia layanan transportasi digital dengan protokol kesehatan dari hulu ke hilir terlengkap di layanan transportasi. 

Menurut Nila Marita selaku Chief of Corporate Affairs Gojek, kebersihan dan keamanan merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat. Sejak awal pandemi, pihaknya telah sigap melakukan berbagai penyesuaian yang mengedepankan aspek kebersihan, kesehatan, dan keamanan lewat inisiatif J3K. 

“Saat ini kebersihan dankeamanan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat termasuk saat bepergian. Sejak awal pandemi, kami di Gojek telah sigap melakukan berbagai penyesuaian yang mengedepankan aspek kebersihan, kesehatan dan keamanan lewat inisiatif J3K pada setiap layanan kami tanpa ada pembebanan biaya tambahan. Menyadari situasi pandemi yang begitu dinamis, kami terus beradaptasi dan menghadirkan inovasi baru baik yang berbasis non-teknologi maupun teknologi untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan bersama. Hal ini kami lakukan untuk menyesuaikan kebutuhan sambil terus memberikan rasa aman bagi mitra driver dan penumpang saat berada di perjalanan.”

Lantas, apa saja layanan dan fitur inovasi ini? 

1. Alat Perlindungan Driver GoRide

Para driver akan diberikan pembatas antar mitra driver dan pelanggan serta J3K Shield yang merupakan pelindung wajah tambahan yang bisa ditempelkan pada kaca helm mitra driver. Fungsinya, untuk mengurangi risiko penyebaran virus.  Fasilitas Alat Pelindung Drivier ini telah didistribusikan ke lebih dari 36.000 mitra GoRide dan akan berlanjut secara bertahap.

2. Komitmen Keamanan 

Terdapat fitur “Komitmen Keamanan terhadap Protokol J3K” di aplikasi pelanggan saat memesan GoRide, GoCar, dan GoBluebird. Fitur ini membuat pelanggan wajib menekan tombol yang menyatakan kalau kamu berkomitmen menggunakan masker, tidak bepergian dalam keadaan kurang sehat, mencuci tangan sebelum dan sesudah menaiki kendaraan, serta melakukan pembayaran non tunai. 

3. Selfie Masker

Selain itu, pada aplikasi mitra driver, terdapat fitur Ceklis Protokol J3K dan Selfie Verifikasi Masker. Di fitur ini, mitra juga wajib menyatakan bahwa dia dalam keadaan sehat, rutin mencuci tangan, dan telah mendisinfektan kendaraan. 

4. Geofencing 

Fitur ini membantu mitra driver tetap menjaga jarak aman dan mencegah kerumunan untuk mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Fitur ini mendeteksi dan memberikan peringatan jika terjadi kerumunan di antara mitra driver saat menunggu penumpang. 

Demi kesehatan bersama, Gojek akanmemberikan sanksi bila terjadi pelanggaran terhadap aturan jaga jarak aman.

#Changemaker

Simak video berikut

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Menjadi Otak Bisnis Suami, Bagiku Seorang Bos Tidak Selalu Memimpin di Depan
Artikel Selanjutnya
Memahami Pemilihan Masker yang Tepat untuk Tangkal Virus dan Bakteri