Sukses

Lifestyle

Bisa Memberi Kontribusi Positif, Itulah Kepuasan Tertinggi dalam Bekerja

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh: Ester Wahyu Kristiani

Membaca tema Share Your Stories Fimela bulan ini, tiba-tiba saya teringat peristiwa saat saya masih kecil. Saat itu saya senang menyebut diri saya “Ester si supergirl.” Hal itu merupakan bentuk afirmasi bahwa saya ini adalah gadis pahlawan yang kuat dan bisa diandalkan di mana pun saya berada.

Berimajinasi sebagai seorang pahlawan memotivasi saya untuk selalu siap sedia menolong siapa saja. Saya memulainya dari keluarga saya. Suatu hari saya menawarkan diri ke orang tua saya untuk mengambil tanggung jawab membersihkan seisi rumah. Meskipun saat itu usia saya masih belia, saya berinisiatif untuk membersihkan seisi rumah setiap hari. Di dalam pikiran saya, saya menganggap saya inilah pahlawan kesehatan, jika saya tidak membersihkan rumah maka keluarga saya akan jatuh sakit. Entah kenapa, setiap kali saya berkata kepada diri saya sendiri bahwa saya ini pahlawan, tiba-tiba saja saya merasa seperti memiliki kekuatan super untuk mengerjakan semua hal dengan penuh semangat. 

Rupa-rupanya imajinasi sebagai seorang pahlawan itu benar-benar memengaruhi pola pikir saya. Karakter ini mengajarkan saya untuk peka terhadap kebutuhan di sekeliling saya, salah satunya di bidang pekerjaan saya.

Kepuasan Bisa Memberi Kontribusi

Sering kali saya mampu menyelesaikan sebuah pekerjaan bahkan sebelum atasan saya memberikan perintah untuk mengerjakannya. Seolah-olah saya sudah tahu bahwa ke depan atasan akan meminta saya untuk mengerjakan pekerjaan itu. Alhasil, saya pun mendapat pujian atas cara kerja saya dan karier saya pun terus meningkat setiap tahunnya.

Promosi jabatan dan kepercayaan diberikan kepada saya untuk mengambil tanggung jawab lebih atas proyek-proyek besar di kantor. Anehnya, bukan pujian dan promosi yang membuat saya puas, justru keberhasilan untuk memberikan kontribusi terbaiklah yang membuat saya merasa luar biasa.

Lambat laun saya mulai menyadari bahwa karakter pahlawan yang saya bangun dari sejak kecil itu bukanlah imajinasi anak kecil, justru itulah kasih anak kecil. Kasih seorang anak kecil yang tulus ingin berbuat baik. Kasih kecil itu kini telah menuntun saya menjadi wanita dewasa, kuat dan mandiri. Kasih yang sama masih saya pakai untuk memberikan kontribusi terbaik bagi sekeliling saya. Seperti seorang pahlawan yang selalu siap sedia untuk berbuat baik di mana pun berada. Semoga menginspirasi.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Bolu Kukus Coklat Mekar
Artikel Selanjutnya
Gagal Operasi Implan Payudara, Remaja Ini Meninggal Usai Koma Selama 14 Bulan