Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Lifestyle

Studi Membuktikan Sering Berhubungan Intim Bantu Cegah Nafsu Makan Berlebih

Fimela.com, Jakarta Bercinta atau berhubungan seks secara umum memang bisa membakar kalori dalam tubuh. Dalam pernikahan, kualitas hubungan intim bisa sangat memengaruhi keharmonisan rumah tangga. Tapi tahukah bahwa sering berhubungan intim juga bisa bantu mencegah nafsu makan berlebih?

Ada sebuah studi menarik terkait hal ini. Melansir laman firstwefeast.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari York University dan Centre for Addiction and Mental Health menemukan kaitan antara makan berlebih dan oksitosin (yang juga disebut hormon cinta) yang dilepas saat berhubungan intim dan melakukan aktivitas intim seperti berpelukan dan berpegangan tangan.

"Oksitosin meningkatkan perilaku prososial dan yang terkait," papar Dr. Caroline Davis, ketua dalam penelitian tersebut dalam sebuah rilis pers. Sementara perilaku prososial dikenal sebagai perilaku yang menguntungkan orang lain, ternyata ada keuntungan lain yang bisa didapatkan dari pelepasan hormon cinta tersebut. "Di sisi lain, peningkatan oksitosin cenderung menurunkan nafsu makan, khususnya pada konsumsi karbohidrat manis," lanjutnya.

 

Oksitosin Memiliki Peran Penting

Selama satu dekade terakhir, Davis dan koleganya, Dr. James Kennedy meneliti satu kelompok besar yang terdiri dari orang berusia 27 hingga 50 tahun dengan berat badan yang beragam. Sekelompok besar partisipan melaporkan punya kebiasaan makan berlebih dan para peneliti meminta setiap subjek untuk mengisi kuesioner yang berisi sensitivitas hadiah, sensitivitas hukuman, preferensi makanan bergula/berlemak, dan kebiasaan makan.

Davis dan Kennedy menemukan bukti yang menunjukkan bahwa partisipan-partisipan tertentu punya kecenderungan biologis terhadap makan berlebih, yaitu kadar oksitosin yang memiliki peran besar pada mengekang atau memenuhi dorongan-dorongan itu. "Hasil ini mendukung peran gen dalam memunculkan sifat yang mengatur perilaku dan menyoroti pentingnya oksitosin dalam makan berlebih," Davis menyimpulkan.

Meski penelitian tersebut tidak secara gamblang menyebutkan soal hubungan seks secara langsung, tapi melepaskan oksitosin dalam berhubungan seks bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mendukung upaya diet. Mencegah nafsu makan berlebih jelas akan sangat membantu meningkatkan upaya menjaga pola makan yang lebih sehat, bukan?

#ChangeMaker

;
Loading