Sukses

Lifestyle

4 Caraku untuk Menjadi Ibu Rumah Tangga Sukses di Era Digital

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh: Alfi Salamah

Menjadi seorang wanita sering kali dianggap remeh, yang mana memiliki kedudukannya di bawah kaki laki-laki. Sejatinya peran wanita dalam setiap tatanan kehidupan telah ada sesuai dengan porsinya masing-masing. Menjalani masa peralihan yang dahulu terbiasa sendiri, namun setelah memiliki pasangan akan banyak perubahan yang harus disesuaikan. Hal tersebut tentu banyak dialami oleh setiap wanita, tak terkecuali saya.

Banyak orang bilang bahwa seorang wanita akan menjadi ratu di rumah pasangannya. Hal tersebut tentu benar adanya. Saya menjalani hari di awal pernikahan tentu dengan meraba-raba. Jika sebelumnya terbiasa aktif dalam setiap kegiatan di luar, namun setelah menikah dituntut untuk lebih aktif di rumah. Khususnya dalam agenda membersamai buah hati pada masa golden age. Tentu peran mulia tersebut harus disyukuri dan selalu dinikmati, meskipun tentu akan banyak drama dalam setiap pembelajaran bersama buah hati.

Hari demi hari tentu akan banyak perjuangan yang harus dilewati. Hingga pada puncaknya merasa bosan dengan kegiatan yang bisa dibilang selalu berulang setiap hari. Mengatasi hal tersebut, tidak perlu khawatir, karena yang harus dilakukan adalah mencari pelampiasan yang positif. Pelampiasan positif justru mendorong untuk berpikir dengan serius hakikat kehidupan yang harus dilakukan. 

Buah pikiran dari pelampiasan positif adalah terbesit ide untuk membuat bisnis online di rumah. Pilihan tersebut saya lakukan dengan cara membantu memasarkan produk orang lain, dengan kata lain bertindak sebagai reseller produk dengan cara dropship. Meskipun bisnis online di kalangan generasi now sudah menjamur, namun dengan inovasi dan semangat untuk belajar tentu sebagai nilai lebih dibanding yang lainnya. Hal tersebutlah yang mendorong untuk sekarang ini aktif di dunia online. 

Inilah Kiat Sukses di Era Digital Zaman Now

Menjadi sukses adalah suatu penghargaan yang hanya diri sendiri yang mampu menilai. Pada saat menikmati setiap proses dan mensyukuri setiap hasil yang ada adalah salah satu indikator kata sukses. Hal tersebut yang selalu saya tanam di otak. Semangat belajar menjadi lebih baik tentu adalah proses yang selalu dilakukan hingga nafas akhir hayat. Inilah kiat sukses di era digital dengan hati gembira. 

1. Memahami hakikat sukses

Sukses adalah pada saat orang tersebut mampu memberikan manfaat untuk orang lain. Dengan memberikan manfaat tentu akan menimbulkan kebahagiaan yang sesungguhnya. Menjalani bisnis online menjadikan saya banyak bertemu dengan aneka manusia yang memiliki keunikan berbeda satu dengan yang lain. Menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan berbeda setiap harinya dan ditambah dengan kondisi mendidik anak yang tidak boleh terputus. Perasaan seperti permen nano-nano adalah yang paling tepat untuk menggambarkannya.

2. Menikmati setiap proses

Setiap apa yang sedang terjadi adalah atas karunia dan izin Sang Pencipta Kehidupan. Tidak perlu lagi meratapi setiap apa yang telah terjadi. Harus memiliki keyakinan bahwa menikmati proses kehidupan adalah bagian dari cerita kehidupan. Proses yang terjadi adakalanya naik dan turun. Pada saat naik jangan sombong, pada saat turun jangan pula meratapi. Itulah pola pikir yang saya terapkan dalam berbisnis. Seperti halnya terkadang bisnis sepi dan terkadap ramai. Itulah seni kehidupan.  

3. Belajar tanpa batas

Belajar tanpa batas adalah cara hidup sukses. Belajar tidak akan pernah ada kata selesai. Apa pun yang dipelajari tentu akan bermanfaat di kehidupan baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika ada pepatah lama belajarlah hingga akhir hayat, hal tersebut adalah benar adanya. Belajar tidak memandang usia, karena siapa pun orangnya berhak untuk belajar.

Dalam bisnis online ini, saya juga belajar banyak hal, seperti memasarkan produk secara jitu, cara mempengaruhi pembeli, cara merekrut tim penjualan, cara membagi waktu antara bisnis online dengan mengurusi kehidupan rumah tangga, dan perihal parenting yang tidak kalah penting. Mempelajari segala hal akan terasa menyenangkan apabila hati kita ikut menikmati. 

4. Ilmu padi

Ilmu padi adalah semakin berisi semakin merunduk. Hal tersebut juga termasuk kiat sukses. Segala bentuk kesombongan akan merugikan diri sendiri tanpa disadari. Sifat sombong inilah harus mulai dihilangkan pada setiap diri manusia agar isi di dalam otak kepala hanyalan berbagai hal positif. Semakin orang tersebut sukses maka wajib untuk menerapkan ilmu padi dimanapun dan kapanpun. 

Menjadi sukses tidak lantas menghalalkan segala cara. Proses dari hal terkecil seperti halnya bisnis saya ini menjadikan hari penuh warna. Menjadi ratu di rumah pasangan dengan segudang aktivitas tentu membutuhkan waktu perhatian ekstra. Dari itu semua yang terpenting adalah skala prioritas. Harus mampu menempatkan diri sesuai dengan yang dibutuhkan. Semoga informasi di atas berdasarkan pengalaman yang saya lalui setiap hari dapat bermanfaat untuk pembaca. 

#ChangeMaker

;
Loading