Sukses

Lifestyle

FIMELA FEST 2020: 4 Manfaat Self Love dan Mengapa Begitu Penting

Fimela.com, Jakarta Apakah pernah mengatakan pada diri sendiri bahwa saya mencintai diriku?  Apakah tersenyum saat bercermin?  Apakah meluangkan waktu untuk diri sendiri?

Pertanyaan ini menyinggung satu hal: citra diri positif yang berakar pada self love.  Kita sering kali lebih mencintai pasangan, orang tua, anak, dan pekerjaan, daripada diri kita sendiri.  Belajar mencintai diri sendiri membutuhkan usaha dan pengakuan, tetapi manfaatnya memuaskan.

Apa itu self love atau mencintai diri sendiri? Melansir healtymepa.com mencintai diri sendiri didefinisikan sebagai penghargaan terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan dirimj.  Ada tiga jenis self love, mulai dari fisik, mental, dan psikologi.

Agar self love terwujud, kalian harus menjadikan diri sendiri prioritas.  Mengembangkan cinta diri membutuhkan waktu, jadi  harus melatihnya setiap hari.  Berikut empat manfaat mencintai diri sendiri:

1. Dapatkan kepuasan hidup

Ketika benar-benar mencintai diri sendiri, akan menciptakan pola pikir penerimaan. Sahabat Fimela menjadi bersedia menerima tahapan dan situasi hidup, dan bertanggung jawab atas tindakan. Juga  mengenali dari mana cinta, kebahagiaan, gairah, dan keaslian itu berasal.  Ketika mengakui kekuatan yang dipegang atas hidupmu, kalian menjadi puas dengan cara menjalaninya.  Cukup puas dengan hidupmu memiliki dampak mental yang besar, berkontribusi pada kehidupan stres yang lebih rendah secara keseluruhan.

2. Kembangkan gaya hidup sehat 

Selama mencintai diri sendiri, pasti ingin memberikan semua yang dibutuhkan tubuh, dari mulai tidur, makanan, air, dan olahraga.  Menjalani gaya hidup sehat sulit bagi kebanyakan orang, tetapi ini dapat dilakukan untuk membantu mencapai tujuan.  Mencintai diri sendiri akan memberi motivasi untuk memasukkan tujuan ke dalam rutinitas harian.  Hasil positif dari gaya hidup akan segera terpancar saat membangun kepercayaan diri untuk memulai tantangan baru.  Manfaat dari mengembangkan kebiasaan sehat termasuk bersyukur, menghabiskan waktu sendirian, melatih perhatian, mengizinkan pengampunan, dan memakai kepercayaan diri dengan bangga.

3. Belajar untuk menghadapi kesulitan

Saat mencintai diri sendiri, tidak akan merasa stres atau tidak nyaman saat melalui peristiwa atau situasi yang sulit.  Tidak akan bersaing atau membandingkan diri dengan orang lain. Serta akan menerima kesulitan dan menjadi pemikir yang optimis, akan bersedia untuk menjadi kreatif dan mencoba hal-hal baru.

4. Kembangkan harga diri yang sehat

Dengan self love, akan mengembangkan harga diri yang sehat, yaitu merasa nyaman dengan diri sendiri, pendapat, dan kemampuan.  Memiliki harga diri yang sehat berarti memahami kegagalan adalah kesempatan belajar, bukan indikator kekalahan yang menyakitkan.  Kebanggaan dan kepercayaan diri tidak mudah hilang ketika menghargai pendapat dan kemampuan.  Dalam tugas dan aktivitas sehari-hari,  akan menyelesaikan banyak hal tanpa ragu.  Harga diri memainkan peran besar dalam kesehatan mental.  Dengan memiliki tingkat harga diri yang tinggi,  akan cenderung tidak menderita kesepian, penyalahgunaan narkoba atau alkohol, atau kecemasan.

Untuk tahu lebih lanjut topik seputar self love, daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya.

#changemaker

;
Loading