Sukses

Lifestyle

FIMELA FEST 2020: 5 Cara Hindari Toxic Relationship yang Bikin Sakit Fisik dan Mental

Fimela.com, Jakarta Toxic relationship benar-benar bisa membuat sakit secara fisik. Menjalin toxic relationship, disadari atau tidak dapat memiliki efek samping yang serius pada kesehatan.

Inilah mengapa penting untuk menghentikannya sebelum terlanjur. Dilansir dari yourtango.com, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari agar toxic relationship tidak membuatmu sakit.

1. Kelemahan fisik

Toxic relationship justru bisa membuat tubuhmu semakin berantakan. Stres untuk mencoba mengelola sebuah hubungan, dapat terasa terlalu berlebihan untuk tubuh.

Efek stres pada tubuh tidak kecil. Stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan kimiawi, gangguan makan, dan penyalahgunaan zat.

Stres juga dapat menyebabkan masalah pernapasan, pencernaan, dan sistem kekebalan. Jika kamu sedang mengalami nyeri tubuh, pilek terus menerus, kesulitan bernapas, dan serangan kecemasan, ini bisa jadi tanda kamu sedang menjalani toxic relationship.

 

2. Keputusasaan mental

Depresi dan kegelisahan dapat membuat hal-hal menjadi lebih berantakan. Toxic relationship juga merupakan kebiasaan, jika hubungan tersebut menjadi lebih buruk dan kamu fokus padanya, kamu akan mengabaikan hal-hal penting lainnya.

Toxic relationship dapat membuatmu merasa putus asa, mempengaruhi cara berpikir tentang diri sendiri, dan merasa tidak aman terhadap diri sendiri. Jika kamu merasa putus asa, tidur sepanjang waktu, mengisolasi diri sendiri, memiliki suasana hati yang sering terganggu, ini bisa menjadi tanda bahwa toxic relationship telah membuatmu depresi.

3. Isolasi

Banyak orang berada dalam toxic relationship justru mengisolasi diri. Mereka mungkin merasa tidak berharga atau malu jika orang lain mendengarnya.

4. Meragukan diri sendiri

Jika kamu sudah mulai meragukan diri sendiri, ini bisa menjadi pertanda bahwa toxic relationship yang kamu jalani mengarah pada situasi yang berbahaya. Semakin lama, ini akan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

5. Penyalahgunaan zat

Ketika kamu menghadapi masalah fisik dan mental secara bersamaan, kamu akan tenggelam perlahan tanpa tahu apa yang harus dilakukan. Alkohol dan obat-obatan bisa memperburuk keadaan, membuatmu semakin sakit.

Jika kamu sudah mulai menemukan bahwa toxic relationship benar-benar membuatmu sakit secara fisik dan mental, tinggalkan segera hubungan tersebut. Tidak ada yang perlu dipertahankan.

Untuk tahu lebih lanjut topik seputar ini, daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading