Sukses

Lifestyle

Tren Staycation Meningkatkan Pariwisata Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Industri pariwisata sangat terdampak di masa pandemi Covid-19. Di awal terjadi pandemi terjadi penuruan sampai 10 persen. Pada Q2 2020, tiket.com mencatat penurunan permintaan refund dan reschedule hingga 33% dibandingkan dengan Q1 2020.

Saat ini industri pariwisata dalam masa-masapemulihan di semua sektor dan sub-sektor. Sejak pelonggaran PSBB, terasa geliat ekonomi nasional yang berangsur pulih dan menuju ke arah positif.

Dengan adanya tren staycation dekat rumah, serta berlibur di dalam kota pun menjadi salah satu faktor yang meningkatkan okupansi hotel-hotel di dalam negeri.

Pemulihan pariwisata bertumbuh seiring dengan mulai dibukanya sejumlah destinasi wisata lokal yang menerapkan protokol kesehatan dan optimisme masyarakat untuk kembali liburan – hal tersebut terbukti dengan menurunnya tren refund dan reschedule.

Tiket.com, mencatat penjualan tiket penerbangan yang meroket 3 kali lipat atau sebesar 240% dibandingkan Q2 2020. Kemudian, reservasi hotel pun meroket sebanding di angka 250% pada periode yang sama(Q3 2020). Pemulihan pariwisata bertumbuh seiring dengan mulai dibukanya sejumlah destinasi wisata lokal yang menerapkan protokol kesehatan dan optimisme masyarakat untuk kembali liburan, hal tersebut terbukti dengan menurunnya tren refund dan reschedule.

"Saat ini pariwisata meningkat sampai tiga kali lipat. Padahal kami berfikit Januari baru pulih industri pariwisata. Namun kini pertumbuhan besar dari hotel dan flight. Ini menandakan jika masyarakat Indonesia optimis untuk berpergian dengan protokol kesehatan," ujar Gaery Undarsa, Co-founder & Chief Marketing Officer, tiket.com.

Tren pariwisata menggunakan jalur darat pun diminati masyarakat. Salah satu kota yang ramai di minati ialah Yogyakarta. "Destinasi menggunakan jalaur darat diminati, seperti ke Yogyakarta pademi di awal kota ini kosong, tapi masyarakat kini sudah mulai kesana untuk ekplore, sepedehaan, kalau ke Bali masih agak pelan peningkat pariwisatanya," paparnya Geary.

Upaya pemulihan industri pariwisata domestik

tiket.com menghadirkan kampanye Liburan Dekat Rumah (LDR) untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat agar menjelajahi destinasi pariwisata lokal. Beberaa fitur yang bisa digunakan seperti:

Tiket CLEAN panduan dalam memilih partner berlabel tiket CLEAN untuk hotel, jasa sewaan mobil, atau produk pariwisata lainnya, karena telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan.

Tiket Flexi yang hendak merencanakan liburan lebih awal, sehingga tiket.com memberikan kebebasan menentukan tanggal nginep kapan saja hingga tahun 2021.

Tiket Elite Rewards pun dihadirkan kembali dengan sebuah program loyalitas berbentuk lebih dari sekedar poin mencakup diskon transaksi berikut, diskonfasilitas, layanan tambahan (add-ons) gratis, jalur layanan pelanggan khusus, serta jajaran keuntungan lainnya.

Tiket Free Insurance sebagai asuransi perjalanan (travel insurance) gratis dari tiket.com untuk proteksi jiwa, biaya pengobatan akibat kecelakaan, serta kompensasi bila terjadi pembatalan perjalanan.

#changemaker

Loading