Sukses

Lifestyle

Jadi Finalis Festival Kreatif Lokal 2020, Yuk Mengenal Lebih Dekat Bangsawan Indonesia Tekstil

Fimela.com, Jakarta Ada banyak tekstil indah yang diproduksi oleh UMKM lokal di Indonesia. Salah satunya adalah hasil produksi Bangsawan Indonesia Tekstil. Brand UMKM asal Gresik ini mampu menghadirkan keunikan pada tekstil yang diproduksinya, terutama kain batik tulis.

Tak hanya itu, berkat dampak usaha yang diberikan juga kepada masyarakat sekitar, Bangsawan Indonesia Tekstil juga sukses masuk melewati tahap penjaringan, penyaringan hingga memikat hati juri dan melenggang ke final Festival Kreatif Lokal 2020. Biar tahu lebih banyak, yuk mengenal profil Bangsawan Indonesia Tekstil lebih dalam.

Lahir dari Kota yang Tak Punya Akar Budaya Batik

Bangsawan Indonesia Tekstil dibuat oleh Nur Kholis asal Gresik, Jawa Timur. Brand UMKM ini bergerak di bidang batik tulis. Menariknya, jika ditilik lebih dalam, Gresik sebenarnya bukan termasuk kota yang memiliki akar budaya batik. Namun, Kholis memiliki tujuan lain. Motivasi usahanya adalah menyelamatkan tradisi melukis lampion Damar Kurung yang sangat melegenda di Gresik dari kepunahan dan juga memberi peluang anak-anak untuk terlibat pada proses membatik sejak dini.

 

Menggabungkan Teknik Batik Tulis dan Tradisi Damar Kurung

Lebih lanjut, Kholis mengatakan tujuan utamanya membatik adalah menggabungkan teknik membatik tulis dengan tradisi Damar Kurung. Damar Kurung adalah seni menghias lampion dengan objek lukis kegiatan masyarakat urban sehari-hari, seperti bermain layangan, kenduri, pencak silat, tilik orang sakit, keramaian pasar malam, dan lainnya.

Uniknya, usaha ini dirintis secara pribadi pada bulan Februari 2011, dengan bermodalkan Rp10 juta dari tabungan pribadi sang pemilik dan istri serta melakukan peminjaman ke bank untuk meneruskan operasional, agar pemilik dapat mulai menyewa toko untuk menjalankan usaha ini.

 

Punya Produk Usaha KAWULO ALIT

Bangsawan Indonesia Tekstil memiliki produk usaha bernama KAWULO ALIT (desain terdaftar) yang menampilkan 50 lebih fragmen masyarakat pesisir Gresik, seperti: Kegiatan ngangsu (menimba air di sumur), pedagang di pasar, anak-anak mengaji, odong-odong, mancing ikan, pertandingan silat antar kampung, dan cerita lainnya.

Kini usaha Bangsawan Indonesia Tekstil melakukan pemasaran produk baik online dan offline, di mana pada awalnya usaha ini menargetkan pasar menengah ke bawah melalui offline store di tahun 2011, namun sekarang mulai mengembangkan pemasaran untuk pasar menengah ke atas yang dijangkau melalui kegiatan direct selling ke perusahaan dan penjualan online sejak 2016.

 

Dampak Bagi Masyarakat Sekitar

Dari segi penghasilan, Bangsawan Indonesia Tekstil sudah meraih omzet hingga Rp100 juga per bulan. Tak hanya itu, dampak yang diberikan Bangsawan Indonesia Tekstil kepada masyarakat sekitar juga sangat besar. Sekarang saja, usaha ini sudah memiliki 13 karyawan dari masyarakat sekitar dengan rentang penghasilan dari Rp1,2 juta sampai Rp1,5 juta per bulan. Gaji itu pun masih di luar bonus.

Adapun tujuan Bangsawan Indonesia Tekstil mengikuti Festival Kreatif Lokal 2020 ini membangun gagasan kreativitas batik tulis yang baru. Baik dalam konsep desain dan SDM yang dilibatkan. Serta, membangun basis online yang kuat untukmenjangkau pasar lebih luas. Kamu bisa menemukan produk Bangsawan Indonesia Tekstil ini lewat www.batikbangsawan.com serta akun instagram @batik.bangsawan.

Festival Kreatif Lokal 2020 adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading