Sukses

Lifestyle

Keto Flu, Efek Diet Keto yang Dialami Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Diet keto tengah populer di masyarakat. Diet ini adalah cara menerapkan pola makan rendah karbohidrat, namun tinggi lemak. Cara ini semakin menarik perhatian banyak orang, karena dipercaya cepat menurunkan berat badan.

Namun kesuksesan diet keto, banyak kontroversi yang terjadi. Banyak yang mengatakan jika diet ini tidak dilakukan dengan benar, maka bisa membahayakan kesehatan.

Salah satu efek yang kerap dialami orang-orang yang menjalani diet keto adalah Keto Flu. Gejala ini biasanya terjadi di awal fase diet. Lalu, apa sih yang dimaksud keto flu? Seperti yang dilansir dari healthline.com, simak selengkapnya berikut ini. 

Apa itu keto flu?

Keto flu adalah gejala yang dialami sejumlah orang saat menjalani keto diet. Biasanya dirasakan pada awal fase yang rasanya menyerupai flu. Hal ini  disebabkan oleh tubuh yang beradaptasi terhadap diet dengan menerima jumlah karbohidrat yang sedikit.

Mengurangi karbohidrat yang dikonsumsi membuat tubuh membakar ketones untuk mendapatkan energi dibandingkan dengan glukosa. Ketones adalah hasil dari lemak yang diurai dan menjadi sumber utama dari diet keto.

Normalnya, lemak adalah sumber yang dgunakan setelah glukosa tidak tersedia. Berubahnya lemak yang dbakar menjadi energi disebut dengan ketosis. Dengan menerapkan diet keto, maka biasanya karbohidrat akan berkurang sebanyak 50% setiap harinya. Perubahan drastis ni tentu akan membuat tbuh kaget dan menyebabkan kehilangan energi, hingga terasa lelah.

Gejala flu keto

Bagi sebagian orang, transisi ini membuat tubuh sulit beradaptasi sehngga menimbulkan gejala seperti flu.

Tanda flu keto yang kerap drasakan adalah:

 1. Mual

2. Muntah

3. Perut kembung

4. Diare

5. Pusing

6. Lemah

7. Keram otot

8. Hilangnya konsentrasi

9. Sulit tidur

10. Rasa ingin konsumsi makanan manis

11. Nyeri sendi

Hal ini biasanya terjadi di awal periode diet keto, dan biasanya bisa terjadi selama satu minggu, bahkan ada juga yang mengalaminya lebih dari satu minggu.

Cara mengatasinya

Untuk mengatasinya, maka disarankan untuk konsumsi air yang cukup untuk mengurangi gejala yang dirasakan. Dengan cairan tubuh yang terpenuhi, maka tubuh akan lebih seimbang dan gejala bisa segera teratasi.

Dan jangan lupa, agar tidak melakukan olahraga berat, seperti bersepeda, lari, angkat beban, tidak disarankan untuk dilakukan saat memula diet keto. Namun jika tubuh sudah beradaptasi dengan baik, maka olahraga boleh dilakukan secara normal kembali.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading