Sukses

Health

Apa Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan?

Fimela.com, Jakarta Bawang putih merupakan bumbu dampur yang bisa membuat cita rasa makanan menjadi lebih sedap. Bawang putih juga bisa meningkatkan aroma masakan menjadi lebih harum. Bahkan bawang putih dapat dinikmati secara langsung atau mentah.

Bawang putih dipercaya sebagai obat tradisional. Karena memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Hal ini disebabkan karena bawang putih memiliki kandungan zat allicin.

Kandungan yang terdapat di dalam bawang putih, memiliki sifat sebagai antioksidan, antijamur, anti bakteri dan antibiotik. Sehingga bawang putih memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan:

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dari zaman dahulu bawang putih selalu dijadikan sebagai obat tradisional, yang baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Bawang putih memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Karena rutin mengonsumsi bawang putih bisa membantu melancarkan aliran darah, serta memecah kolesterol yang menyebabkan darah menjadi menggumpal.

2. Mencegah Kanker

Bawang putih memiliki senyawa antioksidan. Senyawa ini bisa membantu melawan radikal bebas dan memecah zat kanker. Rutin mengonsumsi bawang putih bisa membantu menghambat perkembangan sel kanker dan sel tumor.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Bawang putih mengandung zat allicin yang baik untuk sistem pencernaan. Kandungan ini bisa membantu mencegah infeksi pada saluran pencernaan. Bahkan menyembuhkan infeksi yang disebabkan karena virus, racun dan cacing.

4. Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Bawang putih bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Sehingga bawang putih tidak menyebabkan penyakit hipertensi. Bawang putih juga bisa membantu mengontrol kolesterol, yang bisa membantu mencegah asam urat.

5. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi saat tulang keropos dan mudah patah. Bawang putih memiliki manfaat untuk menguatkan tulang. Bahkan dapat membantu meningkatkan kadar estrogen pada wanita.

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

1. Mengatasi Jerawat

Bawang putih dipercaya bisa membantu menjaga kecantikan kulit. Bawang putih memiliki kandungan senyawa antibakteri, yang bisa membantu mengeringkan jerawat, dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Bahkan bisa membantu mengurangi peradangan jerawat.

2. Mengurangi Penuaan Dini

Penuaan dini biasanya dialami oleh orang yang memiliki usia memasuki 20tahunan keatas. Penuaan dini pada kulit ditandai dengan munculnya garis halus di kulit, muncul flek hitam serta timbulnya kantong mata.  Antioksidan yang ada pada bawang putih bisa melindungi kulit dari penuaan dini.

3. Membersihkan Pori-Pori

Bawang putih bisa membantu membersihkan pori-pori. Bawang putih bisa dijadikan sebagai eksfoliator yang baik untuk kulit. Sehingga kulit wajah terbebas dari komedo dan tekstur menjadi lebih lembut.

4. Menyembuhkan Luka

Bawang putih memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Karena bawang putih memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti inflamasi. Kandungan ini bisa mengeringkan luka, memudarkan bekas luka dan mengurangi peradangan.

5. Mengatasi Rambut Rontok

Bawang putih tak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit saja. Bawang putih juga bisa membantu menjaga kecantikan rambut, sehingga rambut tidak mudah rontok dan menghilangkan ketombe.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading