Sukses

Lifestyle

Cara Menurunkan Berat Badan dalam 10 Hari dan Rencana Diet dari Ahli Gizi

Fimela.com, Jakarta Saat kita ingin menurunkan berat badan atau ingin menjalani gaya hidup lebih sehat, semuanya sama-sama membutuhkan waktu dan kesabaran. Sebagian besar dari kita pasti mencoba-coba segala jenis diet dan tip kebugaran untuk menurunkan berat badan secara ekstra.

Sementara beberapa telah berhasil mencapai tujuan mereka lewat langkah-langkah ekstrem, yang lain juga telah berjuang sampai membuat mereka putus asa. Nah, bagaimana dengan mencoba 10 cara menurunkan berat badan dari Ahli Gizi, Mentor Kesehatan Makrobiotik Shilpa Arora, yang tak hanya membantu mencapai target berat badan tapi membuat hidup lebih sehat.

1. Mulailah hari dengan workout 

Siapkan alarm 20 menit lebih awal dan jadwalkan workout di pagi hari. Studi menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari relatif lebih ramping dan lebih sehat daripada mereka yang berolahraga di sore hari. Bonusnya tuhuh menghasilkan hormon dan energi plus mood yang baik sepanjang hari dengan melakukan olahraga di pagi hari.

 

 

2. Skip timbangan

Jangan menimbang setiap hari, sebab terkadang hal itu hanya membuat kita panik dan dapat menurunkan motivasi. Selain itu, timbangan bisa menipu karena mengabaikan fakta jika mungkin tubuh kita menambah berat otot. Menimbanglah seminggu sekali dan idealnya di pagi hari.

 

 

3. Bawalah camilan sendiri

Banyak klien sudah mengelola makanan utama dengan baik, namun akhirnya ada yang salah dengan camilan. Ada baiknya mengemas camilan sendiri dari rumah ke tempat kerja dan saat bepergian.  Buatlah bungkus kecil kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, plain yogurt, dark chocolate, dan camilan sehat lainnya.

 

 

4. Makan satu buah apel

Shilpa mengatakan pada semua kliennya untuk makan apel atau visualisasikan. Jika kita tidak cukup lapar untuk makan satu buah apel, itu indikasi tidak lapar, hanya bosan.

Alihkan saja dengan aktivitas atau hobi yang kita sukai. Memikirkan tentang makanan setiap saat bisa menjadi penghalang usaha menurunkan berat badan.

 

 

5. Cobalah makan di rumah

Selama 10 hari ke depan usahakan untuk makan maksimal di rumah. Sebab memberi kendali penuh atas bahan-bahan yang dikonsumsi seperti gula, minyak, lemak, dan garam yang masuk ke tubuh. Dan lihat kejutan yang bakal diterima untuk kehilangan lemak secara ekstra.

 

6. Air dan air

Berenanglah dan tingkatkan asupan cairan kita seperti minum banyak air dan jus sayuran hijau. Faktanya sebuah studi menunjukkan 14 pria dan perempuan meningkatkan metabolisme mereka sebesar 30 persen hanya dengan meningkatkan asupan air setiap hari.

 

7. Makan dengan perlahan

Kita semua pasti tahu aturan ini tapi belum mempraktikkannya dengan benar. Cobalah, dan kita akan terkejut bagaimana hal itu mengubah porsi makan menjadi lebih kecil dan makanan akan diserap lebih baik. Makan dalam keadaan relaksasi total untuk penyerapan dan pencernaan yang optimal.

 

8. Makan protein

Tingkatkan asupan protein karena membantu membakar lemak dan membangun otot. Makan keju, telur, kecambah, kacang lentil ayam, ikan atau daging. Selain itu, protein membuat kenyang lebih lama karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna protein.

 

9. Jangan stok makanan tidak sehat di rumah

 

Sulit menahan godaan jika makanan tidak sehat ada di rak dapur atau lemari es. Kurangilah stok makanan olahan dan instan dengan tidak membelinya.

 

10 Pikirkan tentang berat badan ideal

Bayangkan diri kita berada pada berat badan ideal. Visualisasikan kita memakai pakaian yang diimpikan dan katakan pada diri sendiri "Saya akan mencapai berat badan xyz dalam 10 hari dan jangan ragukan pikiran sendiri. Berikan energi yang tepat dan lihat diri kita lebih ramping tidak hanya dalam pikiran tapi dalam kenyataan," tutupnya.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Mengapa Penting Beralih dari Penggunaan Gas LPG 3kg
Artikel Selanjutnya
Jangan Lakukan 5 Hal Ini sebelum Tidur di Malam Hari