Sukses

Lifestyle

Berasal dari Amerika Serikat, Sandwich Ternyata Buatan Angkatan Laut Inggris

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak yang mengetahui jika sandwich atau yang akrab disebut roti lapis ini merupakan panganan asal Amerika Serikat. Umumnya, sandwich ini dijadikan sebagai salah satu menu praktis untuk sarapan maupun makan siang.

Menurut survei yang dilakukan Food Surveys Research Group, sebanyak 47 persen orang dewasa di Amerika Seriakt mengonsumsi setidaknya satu atau lebih sandwich setiap harinya. Hal ini menunjukkan sandwich menjadi panganan yang cukup populer untuk dijadikan sebagai sarapan, bekal, ataupun teman minum teh.

Selain praktis, ada sejumlah fakta unik di balik popularitas sandwich ini. Apa saja?

1. Terinspirasi dari angkatan laut Inggris

Sandwish diciptakan oleh seseorang bernama John Montague yang merupakan pemimpin Angkatan Laut Inggris bergelar Earl of Sandwich IV. Montague menginginkan makanna yang dapat dinikmati tanpa perlu bangun dari tempat duduknya, tidak mengotori tangan, serta tidak perlu menggunakan alat makan.

Berulang kali Montague meminta pelayan membawakan irisan daging yang dilapisi dua lembar roti. Kebiasaan ini kemudian dikenal oleh para rekannya yang akhirnya menyebut kudapan roti lapis sebagai sandwich. Selain itu pada 177, penjelajah James Cook mendarat di pulau di tengah Samudra Pasifik dan pulau tersebut diberi nama Pulau Sandwich. Ini sebagai penghormatan kepada John Montague dan Pulau Sandwich kini lebih dikenal sebagai Pulau Hawaii.

 

2. Diperingati sebagai World Sandwich Day

Diperingati setiap 3 November, orang-orang merayakannya dengan mengonsumsi sandwich. Di hari tersebut, orang Amerika bahkan mendedikasikan satu harinya untuk mengonsumsi sandwich dengan beragam variasi sebagai sarapan, makan siang, dan makan malam.

Di Indonesia, World Sandwich Dau diperingati dengan beragam kegiatan. Seperti yang dilakukan Skippy sebagai merek selai ternama yang mengajak kamu untuk mengikuti kompetisi membuat resep sandwich hingga mengikuti permainan seru. Kamu bisa menggunakan Skippy varian Creamy dan Chunky Peanut Better untuk membuat menu sandwich favorit kamu.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading