Sukses

Lifestyle

Dukung Pemerintah Salurkan Program Bansos, Bank Mandiri Hadirkan E-Warong dan Agen Mandiri Terbaik

Fimela.com, Jakarta Berbagai program bantuan sosial dijalankan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi. Hal ini jelas bertujuan untuk menggerakkan kembali roda perekonomian yang tampak lesu sejak pandemi melanda negeri. Dalam pelaksanaannya pemerintah nggak sendirian. Bank Mandiri menjadi salah satu mitra untuk memudahkan proses penyaluran bansos tersebut.

Hal ini seperti yang terlihat beberapa waktu lalu saat Kementerian Sosial bersama Bank Mandiri melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan dan Kabupaten Simalungun untuk memonitor pelaksanaan Program Pemerintah Bantuan Sosial Program Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST) di wilayah Penyaluran Bank Mandiri.

Bank Mandiri sendiri berkomitmen untuk terus memberikan dukungannya kepada pemerintah terutama dalam mengimplementasikan program kerakyatan yang digagas oleh Kementerian Sosial. khusus Program Keluarga Harapan, Program Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Senior Vice President Government Project Bank Mandiri Nila Mayta D Rihandjani mengatakan, Bank Mandiri berkomitmen untuk mendukung keberlangsungan Program Pemerintah terutama dalam mengimplementasikan program-program kerakyatan yang digagas oleh Kementerian Sosial, khusus Program Keluarga Harapan, Program Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Penyaluran bantuan sosial ini menjadi bukti perhatian negara kepada masyarakatnya, terutama di tengah tekanan ekonomi yang terdampak pandemi Covid 19 ini. Kami berharap, dukungan Bank Mandiri ini dapat semakin memudahkan Keluarga Penerima Manfaat dalam mengakses bantuan sosial sehingga dapat cepat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan,” kata Nila saat mendampingi Menteri Sosial di Kabupaten Simalungun, Kamis (12/11/2020).

Nila menambahkan, sebagai bentuk realisasi dukungan dalam pelaksanaan Program Bansos, pihaknya telah menyiapkan E-Warong & Agen Mandiri terbaik di setiap wilayah penyaluran Bansos Bank Mandiri. 

Sebanyak 3,6 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah mendapatkan penyaluran dana dari Bank Mandiri. Bagi Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako di 319 Kota/Kabupaten dengan total nominal sampai dengan November 2020 sebesar Rp 6,25 triliun untuk Program Keluarga Harapan dan Rp 6,12 triliun bagi Program Bantuan Sembako di seluruh Indonesia. Adapun jumlah E-warong Agen Bansos yang terlibat dalam penyaluran ini mencapai 21.148 Agen.

Sementara itu, di tahun 2020 Kabupaten Simalungun mendapatkan program sembako yang tersebar kepada 44.366 KPM dengan total nilai Rp 80,1 milyar. Khusus Program Keluarga Harapan telah disalurkan kepada 25.604 KPM senilai 21,8 milyar. Penyaluran bansos di Kabupaten Simalungun dilayani oleh 386 Agen penyalur Bansos.

Nggak ketinggalan, Bank Mandiri juga melakukan penyaluran Program Bantuan Sosial Tunai sebesar Rp 858 miliar kepada 1,7 juta KPM di bulan Agustus lalu. Di Sumatera Utara BST disalurkan kepada 112.410 KPM di 13 Kabupaten senilai 56,2 miliar. Untuk Kab. Simalungun, BST telah disalurkan kepada 16.385 KPM senilai Rp. 8,2 miliar. Di Provinsi Sumatera Utara, tercatat sebanyak total 2.394 Agen bansos terlibat pada penyaluran ini.

“Keberadaan Agen Mandiri E-warong menjadi solusi di tengah masyarakat dengan memberikan layanan keuangan tanpa kantor cabang. Agen Mandiri menjadi jembatan kepada masyarakat yang belum memiliki akses kepada layanan keuangan untuk transaksi perbankan terbatas. Agen-Agen ini telah kami berikan edukasi terkait dengan layanan keuangan sehingga para Agen Mandiri ini diharapkan dapat membantu meningkatkan literasi keuangan KPM. Hal ini sejalan dengan komitmen Bank Mandiri untuk mendukung program inklusi keuangan,” lanjut Nila.

Bank Mandiri juga membantu usaha untuk E-Warong memperkuat lini usahanya. Jumlah E-Warong yang sudah mendapatkan pinjaman KUR adalah 3.495 E-Warong senilai Rp 383,6 miliar.

“Dalam kegiatan kunjungan di Kabupaten Simalungun ini, kami juga menyerahkan secara simbolis Pinjaman KUR kepada dua E-Warong senilai total Rp350 juta dan dua KPM Graduasi senilai total Rp80 juta,” pungkas Nila.

Temukan informasi selengkapnya dengan mengunjungi www.bankmandiri.co.id.

(*)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading