Sukses

Lifestyle

5 Tips Memulai Bisnis Online di Tengah Pandemi Corona

Fimela.com, Jakarta Keluar dari zona nyaman memang diperlukan sebuah keberanian. Apalagi di tengah ketidakpastian selama pandemi Corona melanda. Namun, demi berjuang untuk mencari tambahan penghasilan, kamu memang perlu sedikit berani untuk memulai. Contohnya memulai sebuah usaha.

Begitu banyak ide bisnis yang ada di kepala. Namun, tidak semua orang berani untuk merealisasikannya. Melihat hal ini, Tokopedia menggelar sebuah virtual workshop dengan tema "Membangun Bisnis di Tengah Pandemi" bersama Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati dan Pemilik bisnis Avocadron, Karlina Kurniawati, yang sukses berjualan di Tokopedia

Dalam diskusi tersebut, Pipit memberikan 5 tips ampuh bagi Sahabat Fimela yang baru ingin memulai sebuah bisnis, namun bingung harus memulainya dari mana.

1. Tentukan Produk

Buat kamu yang ingin berjualan, langkah pertama adalah memiliki produk. Kamu bisa memproduksi sendiri, atau juga menjadi reseller. Yang penting, kamu tentukan dan mulai berjualan.

2. Manfaatkan Marketplace

Dengan marketplace, kamu bisa mengakses pasar yang lebih luas. Misalnya Tokopedia, yang mampu menjangkau 98% kecamatan di Indonesia. Tokopedia juga memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan. 

“Selain membantu menjangkau pasar lebih luas, lewat Tokopedia, saya tidak perlu lagi melakukan pengecekan transaksi secara manual. Mulai dari menghitung ongkir dan pemilihan logistik, mengecek pembayaran dan lain-lain, semua sudah tersistem,” jelas Karlina.

3. Branding 

Branding sangat penting untuk dipikirkan buat kamu yang ingin memulai bisnis online. Brancing mencakup penentuan identitas produk atau toko. Mulai dari penentuan audiens, nama produk atau toko, fokus atau karakter, hingga logo dan tagline. Kesatuan identitas ini akan menjadi pembeda dengan produk atau toko lain. 

4. Marketing

Pemasaran harus dilakukan sesuai dengan target pasar. Pipt mengatakan, kamu bisa memulainya dari memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Juga bisa memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia seperti Dekorasi Toko, Voucher Toko, Rilisan Spesial, Broadcast, TopAds, hingga bebas ongkir yang bisa meningkatkan penjualan. 

5. Pelayanan Berkesan 

Meski produk berkualitas dan harga bersaing, jangan lupakan soal pelayanan. Pelayanan bahkan merupakan kunci kesuksesan dalam berbisnis di era digital. Mulai dari memerhatikan kecepatan membalas pesan calon pembeli, proaktif, pengiriman cepat, kualitas kemasan, dan lain sebagainya. 

“Kepuasan pelanggan adalah hal utama menjalankan bisnis Avocadron, maka kami selalu berusaha memberikan layanan dan produk terbaik sehingga dapat menjaga kepercayaan pelanggan,” ungkap Karlina.

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading