Sukses

Lifestyle

Cari Tahu Menu Diet yang Tepat untuk Kamu yang Punya Asma

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi Corona, masyarakat kian memerhatikan kesehatannya. Mulai dari lebih rajin berolahraga, hingga memerhatikan nutrisi untuk tubuh. Artinya, menu yang ada di dalam makanan dan minuman juga diperhatikan. 

Beberapa orang dengan penyakit bawaan seperti asma, diimbau untuk lebih memerhatikan kesehatannya selama masa pandemi. Dilansir dari Medical News Today, asma merupakan kondisi kronis yang banyak dimiliki orang di dunia ini. CDC mencatat, hampir 25 juta orang di Amerika Serikat punya asma. 

Untuk itu, penting sekali bagi kamu yang memiliki asma mengetahui mana makanan yang harus kamu masukkan ke dalam menu diet. Sumber yang sama menulis, vitamin D sangat penting untuk dikonsumsi kamu yang memiliki asma. 

Orang-orang yang kekurangan vitamin D cenderung berisiko memiliki asma, baik pada anak-anak atau juga orang dewasa. Vitamin D sangat penting karena berfungsi memelihara fungsi paru-paru dan mengurangi infeksi pernapasan bagian atas. Kekurangan vitamin D juga biasanya akan membuatmu mudah terserang flu. 

Makanan yang Harus Dihindari

Selain mengonsumsi banyak vitamin D, kamu juga harus tahu makanan apa saja yang harus dihindari. Salah satunya, makanan yang mengandung sulfit. Sulfit adalah bahan pengawet yang sering ditemukan pada makanan dan minuman yang diawetkan. Sulfit akan memperburuk asma. Bahkan bisa membuat asma kambuh.

Selain itu, hindari juga salisilat, senyawa yang ditemukan dalam teh, kopi, makanan pedas, atau makanan yang dibumbui dengan racikan bumbu. Meski jarang, penderita asma terkadang sensitif terhadap senyawa ini dan bisa membuat asma mereka kambuh. 

Terakhir, makanan cepat saji. Makanan ini sangat berbahaya bagi penderita asma. Apalagi, jika dikonsumsi 3 kali seminggu akan menimbulkan asma berat. 

#ChangeMaker

Simak video berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading