Sukses

Lifestyle

IDEAFEST 2020: Mengetahui Seberapa Penting Komunitas di Suatu Institusi

Fimela.com, Jakarta Dalam format virtual, tahun ini IDEAFEST kembali digelar di tengah pandemi. Lewat tema Restart, festival kreatif ini dimulai dari hari Jumat (13/11/20) hingga Minggu (15/11/20).

Kali ini, IDEAFEST 2020 menghadirkan acara menariknya lewat Conference, Ideatalks, Experiental Expo, Music, IdeaSpark Forum, dan F&B. Tidak tanggung-tanggung, akan ada lebih dari 60 sesi dari lebih dari 150 pembicara melalui 4 saluran IDEAFEST 2020 yang bisa dinikmati.

Memasuki hari ke dua, Sabtu (16/11/20) Amelia Ayu Kinanti selaku Editor in Chief of Fimela.com serta Ellyana Mae, Editor in Chief of Kapanlagi.com membahas seberapa penting komunitas bagi institusi terutama media.

Amelia Ayu Kinanti atau yang akrab disapa Ayu ini mengatakan jika komunitas sangat penting untuk membuat suatu media berkembang. Hal ini dikarenakan komunitas dapat merasa terhubung, dengan begitu akan mendapatkan feedback seperti komunikasi dua arah, masukan yang membangun, serta aktif dalam setiap kegiatan.

Bahkan di saat pandemi, biasanya komunitas bertemu secara offline. Kini, Ayu mengatakan komunitas secara aktif mengikuti acara-acara online seperti webinar dan meeting online.

"Komunitas sangat penting apalagi di saat pandemi yang dituntut untuk melakukannya serba online. Seperti Fimela yang mengadakan meeting online membahas tentang gaya hidup, beauty, fashion. Jadi perempuan-perempuan lebih produktif. Serta dengan komunitas tidak menjadi komunikasi satu arah dan dapat memberi masukan atau ide yang tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya," ujar Ayu dalam Ideafest 2020 secara virtual.

Ellyana juga mengatakan komunitas juga dapat mengkoreksi konten yang dibuat agar lebih baik lagi. Serta terjalin komunikasi dua arah yang membuat pembaca loyal.

"Dengan komunitas kita dapat input yang membangun, interaksi, mendapatkan teman-teman yang loyal untuk aktif di setiap kegiatan Kapanlagi.com," ujar Ellyana dalam kesempatan yang sama.

Merasa dekat dengan pembaca

Ayu juga mengatakan komunitas dapat mempertemukan pembaca aktif di berbagai daerah. Ia juga menyampaikan jika Fimela.com dengan komunitas yang diberi nama Fimelahood memiliki 50 grup Whatsap dari Sabang sampai Merauke.

"Komunitas di Fimelahood benar-benar tidak mengotak-kotakan. Semua yang ingin belajar sangat terbuka untuk komunitas ini," ungkapnya.

Dari komunitas ini Ayu berharap akan menciptakan sharing, learning, dan inspiration.

Ellyana juga menyampaikan jika komunitas akan mempertemukan dari berbagai kalangan. Apalagi ketika aktivitas online dilakukan.

"Di Kapanlagi Korea ini bahkan sampe ada usianya 13 tahun. Bukan cuma hura-hura saja, melainkan ada aktivitas yang bermanfaat jika mengikuti komunitas," tutupnya.

 

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading