Sukses

Lifestyle

Sukses Pukau Juri, 6 UMKM Ini Sabet Juara 1 Festival Kreatif Lokal 2020

Fimela.com, Jakarta Penantian panjang akhirnya terbayar. Usai melewati beragam proses, dari penjaringan, penyaringan, hingga penjurian di Festival Kreatif Lokal 2020 para pemenang akhirnya diumumkan. Bukan hal mudah bagi para juri tentunya untuk memilih mereka. Apalagi masing-masing memiliki keunikan masing-masing.

Namun, setelah melalui beragam pertimbangan dalam proses penjurian yang ketat akhirnya, setidaknya 6 UMKM ini sukses sabet Juara 1 Festival Kreatif Lokal 2020. Kemenangan mereka pun diumumkan dalam Malam Anugerah Kreatif Lokal Award 2020 yang dilangsungkan secara live streaming di Vidio.com pada 13 November 2020. Lantas, siapa saja pemenangnya?

 

Juara 1 Kategori Pertunjukan: Serumpun Lima

Serumpun Lima yang didirikan oleh Andin Destian fokus pada pengembangan seni pertunjukan tradisional di Balikpapan. Serumpun Lima merangkaul pekerja seni remaja. Omzet mereka per bulan mencapai Rp9 juta.

 

Juara 1 Kategori Fashion: Ezmour

Didirikan oleh Reza Yuliani asal Bogor, Ezmour bergerak di bidang usaha di bidang fashion yang fokus memproduksi tas dan sepatu kulit. Kini omzet Ezmour mencapai Rp500 juta per bulan.

 

Juara 1 Kategori Kriya: DEKARDEKORshop

Muhammad Ikhwan Tariqo adalah sosok di balik berdirinya usaha ini. DEKARDEKORShop merupakan usaha kreatif yang memproduksi hiasan dinding berupa poster kayu, menggunakan bahan kayu MDF yang dipadukan dengan design kreatif, sehingga tercipta produk yang bernilai seni tinggi namun ekonomis. Per bulan usaha ini bisa meraup omzet hingga Rp100 juta.

 

Juara 1 Kategori Fotografi: Kotak Narsis

Pertama kali didirikan oleh Ahyar Muawwal, usaha ini bergerak di bidang fotografi, photobooth wedding dan seouvenir. Kotak Narsis turut menjadi pioner di bidang dokumentasi foto online dan offline di Makassar. Kini usaha ini bisa meraih omzet hingga Rp20 juta per bulan.

 

Juara 1 Kategori Kuliner: Dewi Home Crab

Usaha ini memproduksi olahan kuliner khas wilayah Kramat (Pantura) yang berbahan baku ranjungan seperti nugget, empe-empe, dan kerupuk yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Dewi Home Crab yang didirikan oleh Dewi Fatimah ini mampu meraih omzet hingga Rp600 juta per bulan.

 

Juara 1 Kategori Video: Aceh Documentary

Usaha yang didirikan oleh Faisal Ilyas ini merupakan lembaga edukasi, produksi dan apresiasi film dan riset pengembangan film berbasis komunitas, satu-satunya di Indonesia yang konsisten sejak 2013. Omzet usaha mereka bisa mencapai Rp70 juta per bulan.

Di samping Juara 1, juga ada Juara 2 dan Juara 3. Menariknya, selain menjadi Juara 1, Aceh Documentary juga menyabet Juara Favorit. Masing-masing mendapatkan hadiah senilai Rp20 juta untuk Juara 1, Rp12 juta untuk Juara 2 dan Rp7 juta untuk Juara 3. Bukan itu saja, para pemenang juga akan mendapatkan pelatihan 'bussiness coaching' dari Daniel Tumiwa. Mereka juga mendapatkan dukungan dari Bukalapak sekaligus exposure dari media. Kamu pun bisa banget mendukung mereka dengan membeli produk-produknya di Bukalapak lho.

Selain mengumumkan para pemenang, Malam Anugerah Kreatif Lokal Award 2020 juga menghadirkan hiburan yang dimeriahkan oleh musisi tanah air, Yura Yunita dan Rizky Febian. Sementara buat kamu yang belum tahu, Festival Kreatif Lokal 2020 adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

Loading