Sukses

Lifestyle

Diet untuk Mengelola Hipertensi dengan Bitroot dan Apel Hijau

Fimela.com, Jakarta Diet atau pola makan untuk penderita hipertensi yang juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi harus mendapat perhatian khusus. Sebab penyakit yang semakin umum dialami banyak orang ini dapat menyebabkan komplikasi lebih jauh pada kesehatan jantung bahkan stroke pada kasus yang parah.

Sebab yang terbaik adalah mengendalikan penyakit pada akarnya yaitu dengan perubahan diet atau pola makan dan gaya hidup. Seperti sup sehat yang dibuat dengan dua bahan bitroot dan apel hijau yang mampu mengontrol tekanan darah tinggi.

 

Buat bit adalah sayuran yang termasuk jenis umbi-umbian yang memiliki manfaat kesehatan karena diperkaya zat besi, antioksidan, dan Vitamin B. Menurut buku 'Healing Foods', antioksidan dalam bit menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sementara vitamin B meningkatkan fungsi saraf dan membantu menjaga detak jantung lebih teratur.

Lebih lanjut, sebuah studi dari Harvard Medical School mengatakan bit mengandung nitrat tinggi secara alami yang diubah oleh sistem pencernaan menjadi oksida nitrat. Senyawa ini melemaskan dan melebarkan pembuluh darah yang akhirnya menurunkan tekanan darah.

Meski sebagian besar ahli menyarankan untuk mengonsumsi bit mentah atau dibuat jus, sup hangat juga bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sayuran. Kandungan nitrat buah bit diklaim tetap utuh bahkan dalam sup panas sekalipun. 

Sementara apel hijau mengandung antioksidan dan umumnya direkomendasikan untuk orang yang menderita tekanan darah tinggi. Bit dan apel hijau menyatukan kebaikan dari buah warna cerah dengan rasa menyegarkan.

 

 

Resep dan Cara Membuat

Berikut resep dan cara membuat sup bit merah dan apel hijau yang segar dari Celebrity Chef Sanjeev Kapoor melansir dari ndtv.food Disarankan untuk menyantap semangkuk sup sebelum santap malam. 

Bahan-Bahan: 

- 4 buah bit sedang, kupas

- 1 1/2 apel hijau

- 1 bawang bombay ukurang sedang, kupas

- 1 sdm minyak zaitun

- garam secukupnya

- merica hitam dihaluskan secukupnya

- 1/2 sdm mentega

- 1/2 cangkir kaldu sayuran

- 1/4 cangkir krim segar

- 1 sdm jus lemon

 

Cara membuat:

- Potong bawang bombay dalam ukuran sedang

2. Panaskan minyak zaitun dalam wajan anti-lengket

3. Cincang halus buat bit, tambahkan ke wajan, aduk dan masak sampai matang

4. Potong apel tanpa biji, tambahkan ke dalam wajan, aduk dan masak sebentar

5. Tambahkan garam, merica tumbuh, dan mentega, aduk rata

6. Tambahkan kaldu sayur, aduk dan masak hingga mendidih sampai akar bit melunak

7. Matikan api dan tambahkan campuran herba kering

8. Haluskan campuran bit yang sudah disiapkan bersama dengan krim segar

9. Saring ke dalam panci antilengket

10. Tambahkan jus lemon dan aduk rata

11. Tuang campuran bit ke dalam gelas persegi, hiasi tengan tangkai peterseli, taburi serpihan cabaik kering dan sajikan panas.

 

Simak video berikut

#ChangeMaker 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Muffin Cokelat Kukus Simpel
Artikel Selanjutnya
Awalnya Kukira Semua Baik-Baik Saja, Sampai Kudengar Tangisan Ibu di Malam Hari