Sukses

Lifestyle

5 Tips Mudah Menjaga Persahabatan dari Pertengkaran dan Konflik

Fimela.com, Jakarta Persahabatan bisa terjalin karena adanya kesamaan dan kenyamanan dalam berinteraksi sehingga hubungan pertemanan tersebut diakrabkan menjadi persahabatan. Pastinya untuk kamu yang sudah bersahabat lama tidak menginginkan adanya perpisahan atau konflik karena hal tersebut dapat mengacaukan tali persahabatan itu sendiri.

Namun, kamu perlu menyadari bahwa pertengkaran dan konflik adalah keniscayaan dalam hidup dan hubungan sosial yang tidak bisa kita hindari. Pertengkaran akan selalu ada, konflik baru juga akan bermunculan tetapi kamu selalu punya pilihan untuk mempertahankan persahabatan.

Maka dari itu, jika kamu tidak ingin kehilangan sahabat tercinta, maka kamu perlu tahu cara yang tepat untuk menjaga hubungan persahabatan. Tentu saja hal ini menjadi tanggungjawab bersama tiap orang agar dalam hubungan persahabatan tidak ada yang dirugikan dan semuanya saling menyadari untuk menghargai satu sama lain.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 tips mudah menjaga persabahatan dari pertengkaran dan konflik. Tips ini bisa menjadi panduan untuk kamu dalam membina persahabatan yang sehat. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menjadi Pendengar yang Baik

Tips mudah yang pertama dalam menjaga persahabatan ialah dengan menjadi pendengar yang baik bagi sahabatmu sendiri. Pertengkaran dan konflik dapat dihindari tatkali satu sama lain dari kalian saling mengerti dan berusaha menjadi pendengar yang baik.

Pastinya sahabatmu juga akan merasa nyaman ketika kamu bisa mendengar ceritanya dan memahami kondisinya. Terkadang masalah bisa timbul hanya karena kamu tidak bisa mendengar keluh kesanya dan tidak lagi menjadi tempat terbaik untuk berbagi. Maka dari itu, jika kamu ingin persahabatanmu langgeng dan terjaga, maka kamu harus bisa menjadi pendengar yang baik.

Menghilangkan Sifat Ego

Tips mudah yang kedua dalam menjaga persahabatan ialah dengan menghilangkan sifat ego yang ada dalam diri. Persahabatan tidak akan pernah lama jika kamu terus mengedepankan ego tanpa memikirkan perasaan sahabatmu. Sifat ini akan melahirkan banyak masalah dan konflik kedepannya, maka dari itu kamu harus menghilangkannya.

Dalam persahabatan, tidak semua hal harus terfokus padamu, terkadang kamu juga perlu berkorban untuk sahabatmu. Sebuah persahabatan yang indah adalah ketika satu sama lain selalu siap sedia saling tolong menolong dalam menghadapi masalah.

Saling Menghormati dan Menghargai

Tips mudah yang ketiga dalam menjaga persahabatan ialah dengan saling menghargai dan juga saling menghormati satu sama lain. Ketika kamu mampu menghargai sahabatmu sendiri, hubungan pertemanan itu akan terus terjaga dalam waktu yang lama.

Namun, jika kamu tidak pandai dalam menjaga perasaan sahabatmu dan kamu sering melakukan tindakan buruk yang disengaja untuk melukainya, maka itu artinya kamu tidak menghargai sahabatmu. Salah satu contoh yang paling dekat adalah menghargai setiap perbedaan yang ada pada diri masing-masing, mulai dari hal yang kecil agar kamu semakin terbiasa dan bisa memaknai perbedaan tersebut sebagai hal yang unik dalam persabahatan.

Tidak Menyebarkan Rahasia

Tips mudah yang keempat dalam menjaga persahabatan ialah dengan tidak menyebarkan rahasia apapun yang pernah sahabatmu ceritakan. Hal ini amat penting untuk kamu ingat karena ketika sahabatmu telah menceritakan rahasianya, maka ia sudah menganggap bahwa kamu adalah orang yang dapat dipercaya.

Maka dari itu, jangan rusak kepercayaan sahabatmu dengan menyebarkan hal privasi yang pernah kamu dengar darinya. Hargai rahasianya, sebab jika sampai kamu mengutarakannya kepada orang lain, maka hal itu jelas akan menimbulkan perpecahan dan konflik sampai persahabatanmu hancur.

Banyak Melakukan Aktivitas Bersama

Terakhir, tips mudah yang kelima untuk menjaga persahabatan dari pertengkaran dan konflik ialah dengan banyak melakukan aktivitas bersama. Cara ini bisa membuat hubungan persahabatanmu makin erat karena ada banya aktvitas menyenangkan yang kalian lakukan bersama.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momennya bersama sahabatmu, kelak foto-foto tersebut akan menjadi kenangan yang manis di masa depan. Hal itu bisa menjadi pengingat yang nyata bahwa persabahatan kalian adalah hal yang penting dan patut untuk dijaga.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Petaka Makan Telur di Coachella, Model 16 Tahun Jalani Operasi Pengecilan Payudara
Artikel Selanjutnya
Beri Banyak Kenangan, 5 Zodiak Ini Susah Dilupakan saat Sudah Jadi Mantan