Sukses

Lifestyle

Kelas Kreatif HP, Belajar Video Editing Ternyata Gampang dan Menyenangkan!

Fimela.com, Jakarta Kreatif bareng anak bisa jadi hal yang seru buat menghabiskan waktu di rumah aja. Banyak hal yang bisa dipelajari buat meningkatkan kreativitas anak, salah satunya adalah belajar video editing. Belajar mengedit video ini penting banget lho, mengingat banyak tugas sekolah selama belajar di rumah ini harus dikirim dalam format video. Misalnya video saat olahraga atau video percobaan sains sederhana yang harus dikumpulkan dalam waktu cepat.

Untungnya perkembangan teknologi sekarang semakin canggih dan banyak cara serta tools yang bisa dimanfaatkan untuk belajar di rumah dengan kreatif. Demi mendukung Moms dan anak tetap kreatif selama di rumah aja dengan bantuan teknologi, HP Indonesia menyelenggarakan Kelas Kreatif HP, yaitu kelas belajar virtual yang menghadirkan para expert di bidangnya sebagai media belajar si kecil yang lebih inovatif.

Setelah diselenggarakan selama 4 minggu, sesi Kelas Kreatif HP: Kelas Video Editing bersama Kak Edi Kurniawan dari HelloMotion Academy menutup gelaran virtual ini yang berlangsung pada Sabtu (7/11/2020) lewat Zoom. Belajar video editing ternyata gampang lho, yuk simak highlight-nya!

 

Kenalan Dulu dengan Video Editing

Mengawali sesinya, Kak Edi memperkenalkan apa yang dimaksud dengan video editing kepada para peserta. Jadi, video editing adalah proses untuk menata beberapa video klip menjadi sebuah video klip baru yang lebih enak dilihat. Nah, ada beberapa software video editing yang biasa digunakan. Kalau pakai desktop, bisa memakai Adobe Premiere yang biasa digunakan oleh para pekerja kreatif. Selain itu bisa juga menggunakan Filmora.

Sementara untuk software mobile, Kak Edi menyarankan untuk menggunakan Kinemaster yang punya tampilan mirip dengan Adobe Premiere. Software ini juga yang digunakan Kak Edi selama mengisi sesi Kelas Video Editing tersebut.

 

Praktik Edit Video yang Ternyata Gampang!

Kak Edi menjelaskan ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam sebuah proses editing video. Mulai dari import atau memasukkan klip, memotong klip, memberi transisi, menambahkan grafis, memasukkan musik, dan export video jika proses editing sudah selesai.

Langkah pertama adalah memperkenalkan tools Kinemaster terlebih dahulu agar prosesnya lebih mudah. Selanjutnya adalah praktik editing video yang ternyata caranya gampang banget. Selama prosesnya, Kak Edi juga banyak memberikan tips editing. Salah satunya adalah untuk melakukan preview terlebih dahulu setiap kali selesai mengedit sesuatu.

Beruntungnya kamu tinggal di era teknologi canggih karena perkembangan teknologi pun bikin proses mengedit video jadi semakin mudah. Hal yang sama juga dirasakan oleh Kak Edi yang menggunakan laptop HP Pavilion x360 yang super canggih. Karena laptopnya sendiri touch screen, jadi edit video hanya tinggal menyentuh layarnya saja. Kerennya lagi, HP Pavilion x360 ini bisa digunakan dalam mode laptop, mode tent, atau mode tablet yang diputar hingga 360 derajat. Jadi bisa menyesuaikan kebutuhan dan kenyamanan kita ketika mengedit video.

Teknologi canggih ini juga yang membantu Kelas Video Editing kali ini berjalan lancar meskipun ngak bertatap muka. Banyak peserta yang antusias bertana di kolom Q&A yang kemudian dijawab Kak Edi langsung sambil kembali menjelaskan dan mempraktikkan teknik-tekniknya di laptop.

Di akhir sesi, Kak Edi juga memberikan pesan-pesannya untuk para peserta selama belajar video editing di rumah, lho.

"Jangan takut salah untuk mencoba sesuatu yang baru. Coba aja software apapun, pencet-pencet aja. Nanti kalian akan paham sendiri. Kalau pun salah kan ada tombol undo. Selain itu, jangan pernah bilang karya kalian itu jelek. Semua karya itu bagus, nggak ada yang jelek. Tetap kreatif di rumah dengan memanfaatkan teknologi laptop, ya!" pungkas Kak Edi.

Untuk menemukan solusi pengalaman belajar si kecil yang lebih maksimal selama di rumah, kunjungi saja https://store.hp.com/id-id/default/ untuk menikmati berbagai promo belajar di rumah dari HP. Sampai ketemu di kesempatan selanjutnya ya!

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan yang Harus Dipelajari
Artikel Selanjutnya
Update Corona 22 November Kasus Baru dan Sembuh Tertinggi Covid-19 dari Jakarta