Sukses

Lifestyle

5 Cara Mudah Membangun Self Leadership dalam Dunia Kerja

Fimela.com, Jakarta Sejatinya setiap orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri, sedangkan dalam dunia kerja, kemampuan kepemimpinan diri akan membentuk karakter dan cara kamu bekerja. Ketika bekerja di suatu tempat secara profesional, maka kamu sudah terikat tanggungjawab untuk bekerja secara maksimal dan hal tersebut membutuhkan kemampuan self-leadership yang baik.

Self-leadership berbicara soal bagaimana kamu mampu memimpin dan mengatur diri sendiri dalam bekerja dan menyelesaikan semua pekerjaan yang diberikan padamu. Tentunya hal ini amat penting karena self-leadership juga erat kaitannya dengan integritas dan etos kerja.

Oleh karena itu, ada baiknya jika mulai sekarang kamu mulai mempelajari cara untuk membangun self-leadership, apalagi jika saat ini kamu sudah bekerja. Jika kamu mampu memimpin diri sendiri, kelak apabila diberikan tanggungjawab yang lebih besar, kamu bisa memimpin orang lain.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 cara mudah membangun self-leadership dalam dunia kerja. Dilansir dari Brilio.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Personal Goal Setting

Cara pertama untuk membangun self-leadership ialah dengan menetapkan tujuan untuk diri sendiri. Tujuan ini dijadikan cara untuk memperbaiki diri melalui proses yang sistematis dengan melibatkan pemikiran untuk memutuskan dan mengeksekusi keputusan. Pastinya kamu harus punya tujuan hidup yang jelas untuk satu tahun kedepan sampai 5 tahun yang akan datang.

Hal tersebut harus sudah kamu visualisasikan dalam pikiran sehingga kamu tahu langkah-langkah yang harus kamu lalui untuk menuju pada hal tersebut. Cara ini merupakan aspek yang sangat fundamental sebelum kamu melakukan hal lainnya karena dengan adanya tujuan yang jelas, kamu tahu apa yang kamu mau dan kamu ingin capai serta alasan-alasannya.

Constructive Though Patterns

Cara kedua untuk membangun self-leadership ialah dengan membangun pola pikir yang positif dan tangguh. Hal ini karena dalam setiap kehidupan, kita akan selalu bertemu dengan banyak kegagalan, jika pola pikirmu negatif dan mudah menyerah, maka kamu akan kesulitan untuk bergerak maju menuju kesuksesan.

Oleh karena itu, kamu perlu mengubah pola pikir menjadi lebih positif dan kuat agar rintangan sebesar apapun bisa kamu hadapi. Jika suatu hari kamu mendapat kegagalan, maka kamu akan sellau menemukan motivasi dan cara untuk membuatnya jadi lebih baik lagi kedepan.

Designing Natural Rewards

Cara ketiga untuk membangun self-leadership ialah dengan merancang atau membangun sebuah proses alami dalam pekerjaan dan menjadikan tugas sebagai sasaran dan dengan kata lain membuat perangkat baru yang sesuai dengan apa yang sedang masyarakat butuhkan. Artinya, pekerjaan yang kamu lakukan sebisa mungkin banyak memberikan manfaat kepada masyarakat.

Tidak hanya itu saja, pekerjaan yang kamu lakukan juga diusahakan bisa menjadi solusi bagi pemecahan masalah dalam kehidupan sosial. Dengan begitu, nilai-nilai sosial akan dapat kamu pelajari dan pastinya akan membuatmu lebih mudah berbaur dengan masyarakat.

Self-Monitoring

Berikutnya, cara keempat dalam membangun self-leadership di dunia kerja ialah dengan melakukan self-monitoring secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Hal ini penting agar kamu bisa memantau perilaku dan cara kerjamu. Self-monitoring juga akan berpengaruh pada kinerjamu dan performa perusahaan tempat kamu bekerja.

Jika kamu melakukan self-monitoring secara disiplin, maka kamu akan mampu memegang kontrol atas segala tanggungjawab yang dibebankan padamu. Untuk melakukan hal ini kelihatannya mudah, padahal self-monitoring membutuhkan kedisiplinan, kejujuran, dan juga konsistensi.

Self-Reinforcement

Terakhir, cara kelima untuk membangun self-leadership dalam dunia kerja ialah dengan membentuk self-reinforcement. Self-reinforcement maksudnya ialah bentuk penguatan diri dalam suatu tujuan tertentu. Hal ini berarti kamu dituntut untuk memiliki tekad kuat dalam bekerja, etos kerja yang ulet dan loyal pada tempat kamu bekerja.

Self-reinforcement juga berbicara tentang bagaimana cara agar kamu tidak pernah kehilangan motivasi untuk terus belajar dan bekerja lebih lagi setiap harinya. Melalui self-reinforcement, kamu akan menjadi sosok yang punya integritas dan kredibilitas yang tinggi.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Benci Patah Hati, 5 Zodiak Ini Paling Protektif Terhadap Hatinya
Artikel Selanjutnya
Google Menyediakan Layanan Menentukan Waktu Berbelanja yang Tepat untuk Menghindari Keramaian