Sukses

Lifestyle

Tahapan Program Guru Belajar untuk Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik

Fimela.com, Jakarta Program Guru Belajar diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai jawaban dari tantangan yang dihadapi selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Melalui program Guru Belajar, pembelajaran dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kerja dalam PJJ.

Untuk bisa mengikuti program ini, guru harus memiliki syarat yang telah ditentukan. Salah satunya telah memiliki akun SIMPKB. Setiap tenaga pendidik yang mengikuti program Guru Belajar ini akan melewati 4 tahap yang terbagi menjadi beberapa angkatan.

Dimulai dengan tahap Nol yang merupakan orientasi program untuk pembekalan bagi tenaga pendidikan. Seperti latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19. Kemudian dilanjut dengan tahap pertama yang merupakan tahap Bimtek.

Tahap pertama ini diikuti oleh kepala sekolah, pengawas, widyaiswara, dan guru semua mata pelajaran, jenjang dan jenis pendidikan dengan mengenalkan konsep PJJ, Kurikulum Kondisi Khusus, Asesmen Diagnosis, Asesmen Diagnosis Berkala, Model PJJ, Media, Teknologi dan Sumber Belajar.

 

Tahapan dalam Guru Belajar

Setelah menyelesaikan tahap pertama Bimtek dengan minimal nilai 70, tenaga pendidik akan menjalani tahap Diklat. Di tahap ini, guru akan mendapat pelatihan sehingga mendapatkan inspirasi PJJ, merancang dan menerapkan PJJ, mengunggah tulisan praktik PJJ, dan melakukan penilaian diri terhadap tulisan praktik baik PJJ.

Terakhir, tenaga pendidik akan memasuki tahap Pengimbasan jika lulus pada tahap Diklat. Di tahap ini, peserta berpartisipasi dalam perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 melalui kelompok kerja guru.

Program Guru Belajar dibuat dengan lebih fleksibel sehingga guru dapat mengatur waktu belajar sesuai dengan waktu yang diinginkan. Selain itu, program ini juga dibuat lebih sederhana agar siswa memahami konten pembelajaran lebih mudah.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Kue Kering Stik Coklat
Artikel Selanjutnya
Catnip, Tanaman Rahasia yang Bikin Kucing Bahagia