Sukses

Lifestyle

Cek Kondisi Keuangan, Ini 5 Tanda Sudah Merdeka Finansial

Fimela.com, Jakarta Memiliki kondisi finansial yang merdeka menjadi impian setiap orang. Ketika sudah berada di kondisi merdeka finansial rasanya seperti sudah tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi dari segi keuangan.

Dalam sesi webiner 11 Tahun Zap Finance Peduli "Make It Happen: Financial Independence before 40", Prita Ghozie selaku CEO Zap Finance mengatakan bahwa semua orang bisa mencapai merdeka finansial, apapun profesinya. Hanya saja setiap orang memiliki perjalanan yang berbeda untuk bisa mencapai merdeka secara finansial.

Untuk bisa memastikan kamu merdeka finansial atau belum, setiap orang harus memiliki daftar periksa finansial untuk dicapai. Ketika mencapai target finansial yang telah ditetapkan, kamu bisa melakukan check list hingga semua target finansialnya terpenuhi.

Sebenarnya ada tanda yang bisa dijadikan sebagai acuan apakah kamu sudah merdeka finansial atau belum. Prita Ghozie memaparkan lima tanda berikut ini.

 

1. Tidak punya masalah cashflow bulanan

Orang yang merdeka finansial sudah pasti tidak memiliki masalah dengan perputaran uang setiap bulannya. Logikanya, selama seseorang memiliki pemasukan dan pekerjaan harusnya tidak memiliki masalah dengan cashflow.

2. Bebas dari utang konsumsi

Orang yang memiliki utang konsumsi otomatis belum memiliki perputaran uang yang baik setiap bulannya. Dengan memiliki utang konsumsi artinya kamu belum mampu mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan seimbang.

3. Siap dana darurat

Tidak banyak orang yang sadar bahwa dana darurat itu penting. Di masa pandemi seperti ini dana darurat menjadi penyelamat hidup. Prita membenarkan bahwa mengumpulkan dana darurat terbilang cukup menyebalkan karena tidak memiliki bunga. Tapi dana darurat ini menjadi penyelamat keuangan di masa genting.

 

4. Punya rumah tinggal sendiri

Studi dari Harvard menunjukkan bahwa kestabilan manusia salah satunya adalah memiliki rumah sendiri. Orang yang punya rumah akan merasa lebih stabil. Secara psikologi, rumah adalah kebutuhan dasar manusia. Yang menjadikannya lebih stabil adalah rumah tersebut milik sendiri daripada menyewa.

5. Punya investasi dan tabungan

Jika memiliki perencanaan keuangan yang baik pastinya daftar periksa finansialnya akan terpenuhi. Investasi dan tabungan jadi instrumen untuk mendukung perencanaan finansialnya terwujud. Kamu hanya perlu menemukan instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan profiil risiko.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading